Efektivitas Layanan E-SAMSAT dalam upaya meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi pada Unit Pelayanan PKB BBN-KB Jakarta Barat)

Maranatha, Wiwien Tantio (2019) Efektivitas Layanan E-SAMSAT dalam upaya meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi pada Unit Pelayanan PKB BBN-KB Jakarta Barat). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pajak Kendaraan Bermotor merupakan penyumbang terbesar kedua dalam penerimaan Pajak Daerah DKI Jakarta setelah PBB P2 (Pajak Bumi Bangunan Pedesaan dan Perkotaan). Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor dapat dilakukan dengan berbagai macam cara dan pelayanan, salah satunya adalah layanan ESAMSAT. Layanan E-SAMSAT diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan wajib pajak dalam pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor khususnya di DKI Jakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas, faktor pendorong dan penghambat dalam layanan E-SAMSAT terhadap kepatuhan Wajib Pajak dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik wawancara dan analisis dokumen. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Miles and Huberman dengan 4 tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian ini dalam penelitian ini pada Unit Pelayanan PKB BBN-KB Jakarta Barat di Kantor Bersama SAMSAT Jakarta Barat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Rasio Peningkatan Penerimaan Kendaraan Bermotor tiap tahunnya masih fluktuatif dan tidak stabil dan tingkat efektivitas pelaksanaan pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor melalui layanan E-SAMSAT di wilayah Jakarta Barat pada tahun 2016 hingga tahun 2018 termasuk pada kriteria tidak efektif. Faktor – faktor yang menjadi pendukung dalam pelaksanaan layanan E-SAMSAT yaitu kebijakan atau aturan yang mengatur adanya layanan E-SAMSAT, infrastruktur yang mendukung seperti lokasi atm bank yang sudah strategis, sistem jaringan internet yang cepat dan lancar saat ini. Faktor – faktor yang menghambat dalam pelayanan E-SAMSAT ini adalah kurangnya sosialisasi terhadap masyarakat terkait adanya layanan E-SAMSAT, prosedur dan persyaratan yang rumit, bank-bank yang bekerja sama dengan layanan E-SAMSAT masih sedikit.

English Abstract

Motor Vehicle Tax is the second largest contributor to DKI Jakarta Regional Tax revenues after PBB P2 (Rural and Urban Building Land Taxes). Collecting Motor Vehicle Taxes can be done in various ways and services, one of which is the E-SAMSAT service. E-SAMSAT services are expected to be able to improve taxpayer compliance in paying Motor Vehicle Taxes, especially in DKI Jakarta. The purpose of this study is to determine the level of effectiveness, driving and inhibiting factors in E-SAMSAT services for taxpayer compliance in paying Motor Vehicle Taxes. This research uses descriptive research with a qualitative approach. Data collection techniques in this study are interview techniques and document analysis. The data analysis method used in this study is the Miles and Huberman model with 4 stages, namely data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The location of this study was in the West Jakarta BBN BBB-KB Service Unit at the SAMSAT West Jakarta Joint Office. The results of this study indicate that the annual Motorized Vehicle Revenue Increase Ratio is still volatile and unstable and the effectiveness of the implementation of Motor Vehicle Tax Payment services through E-SAMSAT services in the West Jakarta region in 2016 to 2018 is included in the ineffective criteria. Factors that become supporters in the implementation of E-SAMSAT services are policies or rules that regulate the existence of E-SAMSAT services, supporting infrastructure such as the location of the bank's strategic ATM, the current and fast internet network system. The factors that hampered this E-Samsat service were the lack of socialization to the community regarding the existence of E-SAMSAT services, complicated procedures and requirements, the banks that cooperated with E-SAMSAT services were still small.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/98/051906045
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, E-SAMSAT, Pajak Kendaran Bermotor, Faktor Pendukung Layanan E-SAMSAT, Faktor Penghambat Layanan E-SAMSAT, Effectiveness, E-SAMSAT, Motorized Vehicle Tax, Supporting Factors for E-SAMSAT Services, Inhibiting Factors of E-SAMSAT Services.
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.3 Executive management > 352.38 Information management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:28
Last Modified: 28 Oct 2021 03:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172638
[thumbnail of WIWIEN TANTIO MARANATHA (2).pdf]
Preview
Text
WIWIEN TANTIO MARANATHA (2).pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item