Pengaruh Big Five Personality Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya)

Jayanti, Rizka Dwi (2019) Pengaruh Big Five Personality Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh dimensi Extraversion secara parsial terhadap minat berwirausaha mahasiswa; 2) Untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh dimensi Agreeableness secara parsial terhadap minat berwirausaha mahasiswa; 3) Untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh dimensi Conscientiousness secara parsial terhadap minat berwirausaha mahasiswa; 4) Untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh dimensi Neuroticism secara signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa; 5) Untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh dimensi Openness secara parsial terhadap minat berwirausaha mahasiswa; 6) Untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh dimensi Extraversion, Agreeableness, Conscientiousness, Neuroticism, dan Openness secara simultan terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada enam, yaitu Extraversion (X1), Agreeableness (X2), Conscientiousness (X3), Neuroticism (X4), Openness (X5), dan Minat Berwirausaha Mahasiswa (Y). Pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada mahasiswa Program Studi Perpajakan angkatan 2015 dan 2016 yang telah menempuh mata kuliah Kewirausahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 74 orang responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified random sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi Extraversion (X1), Agreeableness (X2), Conscientiousness (X3), dan Neuroticism (X4) masing-masing secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa (Y), sedangkan dimensi Openness (X5) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa (Y). Kemudian Extraversion (X1), Agreeableness (X2), Conscientiousness (X3), Neuroticism (X4), Openness (X5) tidak berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa(Y).

English Abstract

This study aims to: 1) Determine and explain the influence of the Extraversion dimension partially on student’ entrepreneurial intention; 2) Determine and explain the influence of the Agreeableness dimension partially on student’ entrepreneurial intention; 3) Determine and explain the influence of the Conscientiousness dimension partially on student’ entrepreneurial intention; 4) Determine and explain the influence of Neuroticism significantly on student’ entrepreneurial intention; 5) Determine and explain the influence of the Openness dimension partially on student’ entrepreneurial intention; 6) Determine and explain the influence of the dimensions of Extraversion, Agreeableness, Conscientiousness, Neuroticism, and Openness simultaneously on student’ entrepreneurial intention. This research used explanatory research with a quantitative approach. There are six variables used in this research, Extraversion (X1), Agreeableness (X2), Conscientiousness (X3), Neuroticism (X4), Openness (X5), and Students Entrepreneurial Intention (Y). The collection of data was obtained through a questionnaire distribution on taxation students in the class of 2015 and 2016 with the criteria student had learned Entrepreneur class. The sample used in this research is 74 respondents. The sampling technique used in this research is stratified random sampling. The data analysis used descriptive analysis and multiple linear regression analysis. The results in this research showed that the dimensions of Extraversion (X1), Agreeableness (X2), Conscientiousness (X3), and Neuroticism (X4) each partially had no significant effect on Students Entrepreneurial Intention (Y), while the Openness dimension (X5) partially had a significant effect on Students Entrepreneurial Intention (Y). Then, Extraversion (X1), Agreeableness (X2), Conscientiousness (X3), Neuroticism (X4), and Openness (X5) does not have a significant effect simultaneously on Students Entrepreneurial Intention (Y).

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/197/051906153
Uncontrolled Keywords: Big Five Personality, Minat Berwirausaha Mahasiswa, Big Five Personality, Student’ Entrepreneurial Intention
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.040 92 Production, Industrial Economics (Entrepreneurship)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 13 Oct 2020 10:04
Last Modified: 13 Oct 2020 10:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172613
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item