Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Siswa Dalam Berkunjung Ke Perpustakaan (Studi pada SMA N 1 Singgahan Kabupaten Tuban)

Kartikawati, Apriliana (2019) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Siswa Dalam Berkunjung Ke Perpustakaan (Studi pada SMA N 1 Singgahan Kabupaten Tuban). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perpustakaan sekolah merupakan sarana untuk menunjang kegiatan siswa. Perpustakaan sekolah SMA 1 Singgahan Kabupaten Tuban memegang perana penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran. Penelitian ini membahas tentang faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi siswa dalam memanfaatkan perpustakaan SMA 1 Singgahan Kabupaten Tuban. Tujuan dari Penelitian ini untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi motivasi siswa dalam berkunjung ke perpustakaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian adalah siswa kelas X dan XI SMA 1 Singgahan Kabupaten Tuban. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi linear berganda, dengan jumlah sampel sebanyak 76 responden. Variable terikat yang dipakai adalah Motivasi berkunjung Siswa (Y), dan variable bebasnya adalah ketersediaan koleksi (X1), fasilitas (X2), dan dukungan guru (X3). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan ketersediaan koleksi terhadap motivasi berkunjung siswa ke perpustakaan SMA 1 Singgahan, hal ini terlihat dari nilai t hitung 3,390 dengan nilai t table 1,993 dengan nilai signifikasi 0,001 yang berada di bawah 0,05. Terdapat pengaruh signifikan fasilitas perpustakaan terhadap motivasi berkunjung siswa, hal ini terlihat dari nilai t hitung sebesar 7,226 dengan nilai t table 1,993 dengan nilai signifikasi 0,000 yang berada di bawah 0,05. Tidak terdapat pengaruh dukungan guru terhadap motivasi berkunjung siswa ke perpustakaan, hal ini terlihat dari nilai t hitung 0,469 lebih kecil dari t tabel 1,993 dengan nilai signifikasi 0,640 yang berada di atas 0,05.berdasarkan hasil penelitian di atas guru diharapkan dapat memberi dukungan dan dorongan terhadap siswa untuk memanfaatkan koleksi di perpustakaan dengan cara memberi tugas kepada siswa untuk di kerjakan di perpustakaan SMA 1 Singgahan.

English Abstract

The school library is a means to support student learning activites. School library of SMA 1 Singgahan has a role to play important enough to improve the quality of education and teaching. This research talk about anything factors that might affect student in making use of library SMA Negeri 1 SinggahanKabupatenTuban. The purpose of this research to know the factors affecting motivation of student visit to the library. This research use the quantitative methods with his subject research is a student of class X and XI SMA Negeri 1 SinggahanKabupatenTuban. Data collection technique used in this research is observation, interview and documentation. An analysis of data used a descriptive and linear regression analysis with number of samples 76 respondents. Variable bound used is motivation visit student (Y), and variable free is the presence of a collection (X1), fasilities (X2) and support from teachers (X3). The result of research shows that there are significant impact on the collection of motivation for student to visit SMA 1 Singgahan library, this can be seen from t count 3,390 with a total t table 1,993 with the value of significance 0,001 under 0,05. There are significant impact library facilities against motivation visit student, this can be seen from the value of t count as much as 7,226 with a value of t table 1,993 with a value of significance in 0,000 that is under 0,05. There is no influence support teacher motivation for student to visit the library, this can be seen from the t count 0.469 smaller than t table 1,993 of the significance that 0,640 is above 0,05. Based on the research on it is hoped that teacher can provide support and encouragement for student to use collection in a library with way give them task to carry student to do in the library SMA 1 Singgahan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/532/051906663
Uncontrolled Keywords: perpustakaan sekolah, pengguna perpustakaan, bahan pustaka, kunjungan perpustakaan-school library, library user, library material, library visit.
Subjects: 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 155 Differential and development psychology > 155.2 Individual psychology > 155.25 Development and modification of character and personality
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 01 Oct 2020 15:35
Last Modified: 21 Oct 2021 05:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172612
[thumbnail of Apriliana Kartikawati.pdf]
Preview
Text
Apriliana Kartikawati.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item