Implementasi Program Jemput Bola Administrasi Kependudukan (Jebol Anduk) (Studi Pada Pelayanan Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang)

Setyawan, Herry Eko (2019) Implementasi Program Jemput Bola Administrasi Kependudukan (Jebol Anduk) (Studi Pada Pelayanan Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Permasalahan administrasi kependudukan merupakan permasalahan yang sering dihadapi oleh kota atau kabupaten yang memiliki wilayah luas, tak terkecuali di Kabupaten Malang. Luasnya wilayah Kabupaten Malang membuat pemerintah harus mencari solusi untuk memecahkan permasalahan tersebut. Program Jemput Bola Administrasi Kependudukan (JEBOL ANDUK) melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang menjadi pilihan pemerintah dalam mengatasi permasalahan kependudukan di Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriftif. Fokus penelitian yang pertama adalah implementasi yang dibagi menjadi 4 (empat) sub bagian yakni: 1) Komunikasi, 2) Sumber Daya, 3) Disposisi dan 4) Struktur Birokrasi. Kedua, mengenai faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi program. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi program Jemput Bola Administrasi Kependudukan di Kabupaten Malang telah berjalan sesuai dengan tujuan yang ditetapkan dan mampu menarik minat masyarakat untuk berperan aktif dalam program tersebut yang terbukti dengan 45.087 buah dokumen kependudukan yang tercetak di tahun pertama program tersebut diluncurkan. Komitmen dari para petugas yang kuat dan adanya dukungan dari setiap stakeholder yang terlibat serta didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai menjadi faktor pendukung dalam program Program Jemput Bola Administrasi Kependudukan di Kabupaten Malang. Sedangkan terbatasnya jumlah pegawai yang ada dan koneksi internet yang kurang baik menjadi penghambat dalam pelaksanaan program ini. Saran yang dapat peneliti ajukan adalah terkait perlunya penambahan jumlah pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang agar massyarakat mendapatkan pelayanan dengan maksimal. Kemudian juga perlunya diadakan perbaikan fasilitas internet di Kabupaten Malang supaya proses pelaksanaan program Program Jemput Bola Administrasi Kependudukan dapat berjalan secara maksimal.

English Abstract

The problem of population administration is a problem that is often faced by cities or districts that have large areas, including in Malang Regency. The extent of Malang Regency makes the government must find a solution to solve the problem. Jemput Bola Administrasi Kependudukan Program (JEBOL ANDUK) through the Department of Population and Civil Registration of Malang Regency is the government's choice in overcoming population problems in Malang Regency. This study uses a type of qualitative research with descriptive method. The focus of the first research is implementation which is divided into 4 (four) sub-sections namely: 1) Communication, 2) Resources, 3) Disposition and 4) Bureaucratic Structure. Second, regarding the supporting factors and obstacles to program implementation. Analysis of the data used in this study are interactive models of Miles, Huberman and Saldana. The results showed that the implementation of the Jemput Bola Administrasi Kependudukan Program (JEBOL ANDUK) in Malang Regency had gone according to the stated goals and was able to attract the public's interest to play an active role in the program as evidenced by 45,087 population documents printed in the first year the program was launched. The commitment of the officers is strong and the support of each stakeholder involved and supported by adequate facilities and infrastructure is a supporting factor in the Jemput Bola Administrasi Kependudukan Program (JEBOL ANDUK) in Malang Regency. While the limited number of existing employees and poor internet connections is a barrier in implementing this program. Suggestions that can be submitted by the researcher are the need to increase the number of employees in the Population and Civil Registration Office of Malang Regency so that the community gets maximum service. Then also the need to improve internet facilities in Malang Regency so that the process of implementing Jemput Bola Administrasi Kependudukan Program (JEBOL ANDUK) can run optimally

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/153/051906100
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Publik, Implementasi Jemput Bola Administrasi Kependudukan, Administrasi Kependudukan, Public Policy, Jemput Bola Administrasi Kependudukan Program, Population Administration.
Subjects: 300 Social sciences > 353 Specific fields of public administration > 353.3 Public administration of services related to domestic order
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 15 Oct 2020 13:35
Last Modified: 28 Oct 2021 07:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172605
[thumbnail of HERRY EKO SETYAWAN (2).pdf]
Preview
Text
HERRY EKO SETYAWAN (2).pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item