Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif Pada Pusat Studi Dan Layanan Disabilitas Universitas Brawijaya

Widodo, Cahyati Sulistyo (2019) Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif Pada Pusat Studi Dan Layanan Disabilitas Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini berangkat dari pengalaman peneliti sebagai mahasiswa dalam mengikuti pelaksanaan kebijakan pendidikan inklusif di Universitas Brawijaya. Berbagai betuk diskrimasi tersebut antara lain yaitu diskriminasi dalam bidang pendidikan dan untuk menanggulangi bentuk diskriminasi difabel dalam bidang pendidikan. Tujuan penelitian ini melihat implementasi kebijakan pendidikan inklusif dan mengetahui hambatan dalam implementasi kebijakan inklusif di Universitas Brawijaya. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dimana pengumpulan datanya menggunakan data primer melalui wawancara dan data sekunder diperoleh dari dokumen dan website yang kemudian dianalisis menggunakan analisis data dengan model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan inklusif di UB berjalan dengan baik. Dalam pengimplementasiannya PSLD UB sudah dapat memberikan akses kemudahan untuk para difabel diantaranya yaitu dengan adanya jalur masuk SPKPD bagi calon mahasiswa difabel, pelayanan tutorial, pelayanan pendamping, pelayanan konseling, dan aksesibilitas gedung dan bangunan. Saran dari penelitian ini sebaiknya lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas dari staff PSLD UB sehingga dapat menjalankan kebijakan pendidikan inklusif lebih baik lagi, serta meningkatkan sarana dan prasarana yang akses bagi mahasiswa difabel.

English Abstract

Research background is the experience of author as the attendant of inclusive campus policy implementation at University of Brawiaya. One of the discrimination is educational discrimination, in order to resolve this issue. The purpose of this research is to see the implementation of inclusive education policies and study the implementation policies in Universitas Brawijaya. In conducting this research, researchers used qualitative research method, the data were collected by using interviews as the primary data and documents and or websites as the secondary data, which were then analyzed using interactive models. The results of this study indicates that the implementation of inclusive education in Universitas Brawijaya is going well. In the implementation, PSLD UB has been able to provide accesibility for persons with disability by implementing the selection program for students with disabilities (SPKPD), tutorial services, volunteers, counseling services, and accessible building. Suggestions from this study should be to improve the quality and quantity of PSLD UB staff so that they can implement inclusive education policies better, and improve facilities and infrastructure that are accessible for students with disabilities

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/125/051906072
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Inklusif, Difabel, PSLD UB, Inclusive Education, Disabled, PSLD UB
Subjects: 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education > 371.9 Special education > 371.91 Students with physical disabilities
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 04 Aug 2020 07:31
Last Modified: 28 Oct 2021 04:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172585
[thumbnail of CAHYATI SULISTYO WIDODO_125030100111180 (2).pdf]
Preview
Text
CAHYATI SULISTYO WIDODO_125030100111180 (2).pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item