Pengaruh Macroeconomic Dan Foreign Direct Investment Terhadap Asia Economic Activity (Studi Pada Negara China Dan Jepang Terhadap Indonesia Periode 2013-2017)

Eksanti, Lisa Cipta (2019) Pengaruh Macroeconomic Dan Foreign Direct Investment Terhadap Asia Economic Activity (Studi Pada Negara China Dan Jepang Terhadap Indonesia Periode 2013-2017). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Economic activity adalah tindakan yang melibatkan proses produksi, distribusi dan konsumsi barang dan jasa yang terdiri dari economic activity domestic dan economic activity international yang termasuk didalamnya adalah perdagangan internasional. Perdagangan internasional memiliki peran dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi sehingga seluruh negara berusaha untuk meningkatkan ekspor dan menekan impor. Peningkatan ekspor dan penekanan impor tidak terlepas dari pengaruh variabel makroekonomi seperti inflasi, nilai tukar dan interest rate serta foreign direct investment (FDI). Adanya perbedaan hasil penelitian yang dilakukan oleh penelitian terdahulu menjadi alasan peneliti untuk mengambil variabel makroekonomi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inflasi, nilai tukar, dan interest rate dan FDI terhadap ekspor dan impor negara China dan Jepang terhadap Indonesia secara bersama-sama maupun secara parsial pada periode 2013-2017. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh data time series bulanan inflasi IHK, nilai tukar, interest rate, FDI, ekspor dan impor negara China dan Jepang ke Indonesia periode 2013-2017. Jenis data yang digunakan yaitu data sekunder time series per bulan dari tahun 2013-2017 yang tersedia dan dipublikasikan oleh International Trade Center, IMF dan trading economics. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel inflasi, nilai tukar, interest rate dan FDI berpengaruh terhadap ekspor China ke Indonesia tetapi tidak berpengaruh terhadap impor China ke Indonesia serta untuk Negara Jepang seluruh variabel bebas secara simultan berpengaruh terhadap ekspor dan impor Jepang ke Indonesia. Secara parsial, variabel interest rate dan FDI berpengaruh terhadap ekspor China ke Indonesia namun seluruh variabel tidak berpengaruh terhadap impor China dari Indonesia. Secara parsial, hanya variabel nilai tukar yang berpengaruh terhadap ekspor Jepang ke Indonesia namun untuk impor Jepang dari Indonesia dipengaruhi oleh variabel nilai tukar dan interest rate. Saran yang diajukan adalah pemerintah harus memperhatikan dampak yang akan terjadi dalam mengambil kebijakan ekspor terutama dalam kaitannya dengan nilai tukar, interest rate, dan FDI net inflows serta harus memperhatikan dampak yang akan terjadi dalam mengambil kebijakan impor terutama dalam kaitannya dengan nilai tukar dan interest rate.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/39/051906028
Uncontrolled Keywords: Inflasi, Nilai Tukar, Interest Rate, Foreign Direct Investment (FDI), Ekspor, Impor,
Subjects: 300 Social sciences > 339 Macroeconomics and related topics > 339.5 Macroeconomic policy
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 13 Oct 2020 03:51
Last Modified: 28 Oct 2021 03:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172561
[thumbnail of LISA CIPTA EKSANTI (2).pdf]
Preview
Text
LISA CIPTA EKSANTI (2).pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item