Pengaruh Pelayanan Bursa Kerja Khusus Terhadap Kepuasan Alumni Dan Informasi Lowongan Kerja (Studi Pada SMK Negeri 1 Singosari)

Putri, Anggi Nadya (2019) Pengaruh Pelayanan Bursa Kerja Khusus Terhadap Kepuasan Alumni Dan Informasi Lowongan Kerja (Studi Pada SMK Negeri 1 Singosari). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam suatu organisasi publik, pelayanan merupakan suatu elemen terpenting yang harus selalu ditingkatkan oleh organisasi tersebut, contohnya saja Bursa Kerja Khusus merupakan suatu lembaga yang khusus menyalurkan tamatan Sekolah Menengah Kejuruan untuk bekerja dan mencari pekerjaan. Saat ini Disnakertrans Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan BKK untuk menekan angka pengangguran, maka dari itu untuk membangun kepercayaan alumni terhadap BKK salah satun caraya adalah dengan meningkatkan kualitas pelayanan BKK agar alumni merasa puas terhadap pelayanan BKK dan percaya bahwa BKK memang media yang tempat untuk mencari informasi lowongan kerja. Jadi faktor yang mempengaruhi kepuasan alumni dan informasi lowongan kerja adalah pelayanan BKK. Penelitian ini menguji seberapa besar pengaruh pelayanan BKK terhadap kepuasan alumni dan informasi lowongan kerja secara simultan danparsial. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian di SMK Negeri 1 Singosari. Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert. Metode penentuan jumlah sampel adalah probabilitas dengan tipe penarikan sampel Cluster Random Sampling. Sampel dari penelitian ini berjumlah 233 Alumni SMK Negeri 1 Singosari. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer berupa kuisioner. Uji yang digunakan yaitu uji instrument penelitian yang meliputi uji validitas, dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji liniearitas. Selanjutnya uji analisis data dan interpretasi yang meliputi analisis deskriptif, koefisien korelasi, regresi linier sederhana, dan koefisien determinasi, uji hipotesis yang merupakan uji simultan dan uji parsial. Hasil penelitian ini menunjukkan persamaan regresi yang bernilai positif sehingga dalam penelitian ini terdapat pengaruh yang positif antara pelayanan BKK terhadap kepuasan alumni dan juga informasi lowongan kerja, maka apabila pelayanan BKK meningkat maka akan diikuti dengan peningkatan kepuasan alumni dan informasi lowongan kerja. Pihak BKK SMK Negeri 1 Singosari diharapkan untuk meningkatkan pelayananya dalam hal menampung serta mempertimbangkan saran serta keluhan yang diberikan alumni kemudian dalam hal keramahan diharapkan petugas BKK dapat lebih ramah kepada alumni serta diharapkan kedepanya mampu memberikan informasi lowongan kerja yang lebih banyak dan sesuai dengan jurusan alumni.

English Abstract

In a public organization, service is an important element that must always be improved by the organization, for example the Special Work Exchange is an institution that specifically distributes graduates of Vocational High Schools to work and find work. At present the East Java Disnakertrans cooperates with the BKK to reduce unemployment, therefore to build alumni trust towards BKK one of the satun caraya is to improve the quality of BKK services so that alumni are satisfied with BKK services and believe that BKK is indeed the media to look for job information. So the factors that influence alumni satisfaction and job information are the services of the BKK. This study examines how much influence BKK services have on alumni satisfaction and job information simultaneously and partially. This study uses explanatory research with a quantitative approach. The location of research at Singosari State Vocational School 1. The measurement scale used in this study is the Likert scale. The method of determining the number of samples is the probability of the type of cluster random sampling. The sample from this study amounted to 233 Alumni of SMK Negeri 1 Singosari. The data used in this study are primary data in the form of questionnaires. The test used is a test of the research instrument which includes validity test, and reliability test, classic assumption test includes normality test, heterocedasticity test, linearity test. Furthermore, the data analysis test and interpretation include descriptive analysis, correlation coefficient, simple linear regression, and coefficient of determination, hypothesis testing which is a simultaneous test and a partial test. The results of this study indicate a regression equation that is positive so that in this study there is a positive influence between BKK services to alumni satisfaction and also job information, so if BKK services increase, it will be followed by an increase in alumni satisfaction and job information. The Singosari State Vocational School 1 BKK is expected to improve its service in terms of accommodating and considering the suggestions and complaints given by alumni, and in terms of hospitality, BKK officers are expected to be more friendly to alumni and expected to be able to provide more job information in accordance with the alumni department

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/189/051906136
Uncontrolled Keywords: pelayanan BKK (X), kepuasan alumni (Y1), Informasi Lowongan Kerja (Y2)-BKK services (X), alumni satisfaction (Y1), Job Vacancies Information (Y2).
Subjects: 300 Social sciences > 354 Public administration of economy and environment > 354.9 Public administration of labor and professions
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 04 Nov 2020 16:23
Last Modified: 21 Oct 2021 08:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172546
[thumbnail of Anggi Nadya Putri.pdf]
Preview
Text
Anggi Nadya Putri.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item