Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM) di Instagram terhadap Minat Berkunjung dan Dampaknya terhadap Keputusan Berkunjung (Survei pada Wisata Muara Bengawan Solo, Gresik)

Maulidi, Wildan Syahrul (2019) Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM) di Instagram terhadap Minat Berkunjung dan Dampaknya terhadap Keputusan Berkunjung (Survei pada Wisata Muara Bengawan Solo, Gresik). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Minat Berkunjung dan Dampaknya pada Keputusan Berkunjung. Penelitian ini berlokasi di wisata Muara Bengawan Solo di Gresik dengan sampel sebanyak 118 pengunjung yang memutuskan berkunjung setelah menerima informasi di Instagram. Penelitian ini menggunakan penelitian penjelasan. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Kuesioner digunakan untuk metode pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil pеnеlitian mеnujukkan bahwa (1) hubungan variable antara eWOM dengan minat berkunjung (2) hubungan variabel antara eWOM dengan keputusan berkunjung (3) hubungan variabel antara minat berkunjung dengan keputusan berkunjung masing-masing hubungan variabel memiliki yang signifikan pоsitif. Berdasarkan Hasil penelitian ini maka disarankan kepada pihak pengelola wisata MBS untuk memberi perhatian khusus akan pentingnya peran e-WOM bagi pemasaran dan pemberian informasi.

English Abstract

This study discusses the Effect of Electronic Word of Mouth toward Visiting Interests and Their Impact on Visiting Decisions. This research is located in Muara Bengawan Solo tourism in Gresik with a sample of 118 visitors who decided to visit after receiving information on Instagram. This study used explanatory research. The sampling technique used in this study was purposive sampling. The questionnaire is used for data collection methods. This study used descriptive analysis and path analysis. The results of this study give evidence that (1) the variable relationship between e-WOM and visiting interest (2) variable relationship between e-WOM and visiting decisions (3) variable relationship between visiting interest and visiting decisions each variable relationship has a significant positive effect. Based on the results of this study, Proposing for the Muara Bengawan Solo tour manager to give attention specially to the importance of the role of e-WOM for marketing and information provision.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/402/051906416
Uncontrolled Keywords: Electronic Word of Mouth, Minat Berkunjung, Keputusan Berkunjung.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Pariwisata
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:36
Last Modified: 25 Aug 2022 02:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172545
[thumbnail of Wildan Syahrul Maulidi.pdf] Text
Wildan Syahrul Maulidi.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item