Harahap, Muhammad Fauzan Haromain (2019) Analisis Preferensi Konsumen terhadap Pembelian Kamera Digital (Survei pada Pemilik dan Pengguna Kamera Digital di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa preferensi konsumen terhadap keputusan pembelian kamera digital di kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini mengacu pada penelitian yang dilakukan oleh Al Basya (2018) dan putri dan Iskandar (2014). Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna kamera digital dengan usia minimal 17 tahun yang tinggal di kota Malang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 97 responden yang diambil menggunakan purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis konjoin. Analisis konjoin digunakan untuk mengidentifikasi tingkat kepentingan dan nilai utilitas atribut. Atribut dalam penelitian ini adalah Kualitas Produk, Fitur Produk dan Gaya dan Desain Produk. Hasil analisis konjoin menunjukkan bahwa atribut yang memiliki nilai kepentingan tertinggi dalam keputusan pembelian kamera digital adalah Fitur Produk, yang kedua adalah Kualitas Produk, dan yang terakhir adalah Gaya dan Desain Produk. Kombinasi atribut yang diinginkan responden dalam menggunakan kamera digital adalah kamera yang memiliki Ketajaman dan Warna Foto, Wireless Connection, dan Ringan. Berdasarkan analisis konjoin yang telah dilakukan, nilai korelasi Pearson dan Kendall diperoleh masing-masing sebesar 0,977 dan 0,831.
English Abstract
This purpose of this study was to analyze consumer’s preferences of digital cameras purchasing decisions in Malang City. The type of research used in this research was descriptive with a quantitative approach. This research refers to the research conducted by Al Basya (2018) and Putri and Iskandar (2014). The population in this research were digital camera users with a minimum age of 17 years who resided in Malang City. The sample used in this research was 97 respondents taken using purposive sampling. The data analysis used was conjoint analysis. The conjoint analysis used to identify the importance of attributes and utility values. The attributes in this research are Product Quality, Product Features and Product Style and Design. The results of conjoint analysis showed that the highest important attribute in the purchasing decision a digital camera is Product Feature, the second is Product Quality, and the last is Product Style and Design. The combination of desire respondents in using a digital camera is a camera that have the type of sharpness and color tone, wireless connection, and lightweight. Based on the conjoint analysis that has been done, Pearson and Kendall’s Tau correlation values are obtained at 0.977 and 0.831 respectively.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2019/185/051906132 |
Uncontrolled Keywords: | Preferensi Konsumen, Analisis Konjoin, Keputusan Pembelian Kamera Digital, Kota Malang-Consumer Preferences, Conjoint Analysis, Purchasing Decision Digital Camera, Malang City. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 02 Oct 2019 07:20 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 08:28 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172526 |
Preview |
Text
Muhammad Fauzan Haromain Harahap.pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |