Kompetensi Pustakawan Referensi Perpustakaan Perguruan Tinggi (Studi pada UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang)

Rosyidi, Muchamad Chamid (2019) Kompetensi Pustakawan Referensi Perpustakaan Perguruan Tinggi (Studi pada UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pustakawan dituntut untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Hal tersebut dimaksudkan agar pustakawan dapat berkompetisi dan berkolaborasi dengan profesi informasi yang lain, khususnya untuk memajukan dunia kepustakawanan. Kompetensi pustakawan bertujuan untuk pengembangan layanan. Salah satu layanan perpustakaan perguruan tinggi adalah layanan referensi yang merupakan kebutuhan dalam melaksanakan riset-riset dan penelitian ilmiah salah satunya di Universitas Negeri Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kompetensi pustakawan dalam layanan perpustakaan, mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dalam pengembangan layanan referensi perpustakaan, dan apa saja hambatan dalam pengembangan layanan referensi perpustakaan di Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data model interaktif Milles, Huberman, dan Saldana (2014:14) mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pustakawan di Perpustakaan Universitas Negeri Malang yaitu, pustakawan sudah menjalankan pengorganisasian dengan efektif, memiliki kemampuan pelayanan yang baik dan hati-hati, efektif memanfaatkan teknologi yang baru dalam melayani pemustaka, berbagi kompetensi pustakawan untuk meningkatkan kemampuan, dan pustakawan juga saling membantu dan meberikan pengetahuan. Faktor penghambatnya yaitu Sumber daya manusia yang kurang. Sedangkan untuk faktor pendukungnya meliputi sarana dan prasarana, teknologi dan dukungan sesama pustakawan juga merupakan faktor pendukung pengembangan layanan referensi perpustakaan.

English Abstract

Librarians are required to improve the competence and professionalism in carrying out its duties and functions. It is intended that librarians can compete and collaborate with other information professions, especially to advance the world of librarianship. Librarian competencies aimed at the development of services. One of the services the college library is a reference service that is a necessity in carrying out research and scientific research one of them Universitas Negeri Malang. The purpose of this study is to find out how the competence of librarians in library services, describe what are the supporting factors in developing library reference services, and what are the obstacles in developing library reference services at Universitas Negeri Malang. This study uses a qualitative approach research type with descriptive analysis. The data analysis used in this study is the data analysis of interactive models of Milles, Huberman, and Saldana. The analysis carried out included data collection, data reduction, data presentation, and conclusion or verification. The results of this study indicate that the competence of librarian at the Library of Universitas Negeri Malang, librarians already run the organization effectively, has the ability to service well and carefully, effectively utilize new technology in serving pemustaka, shared competences librarians to improve, and librarians help each other and give knowledge. The inhibiting factor is lack of human resources. As for the supporting factors including facilities and infrastructure, technology and support from fellow librarians, it is also a supporting factor for the development of library reference services.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/184/051906131
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional, Pustakawan Referensi, Perpustakaan Perguruan Tinggi, Layanan Referensi-Professional Competence, Reference Librarian, College Library, Reference Services.
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 020 Library and information sciences > 020.9 History, geographic treatment, biography
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 30 Sep 2020 07:36
Last Modified: 21 Oct 2021 08:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172524
[thumbnail of Muchamad Chamid Rosyidi.pdf]
Preview
Text
Muchamad Chamid Rosyidi.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item