Implementasi Program Kota Tanpa Kumuh dalam Perspektif Fungsi Administrasi (Studi pada Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Depok dan di Kelurahan Depok Kota Depok)

Shodiq, Muhammad Ja’far (2019) Implementasi Program Kota Tanpa Kumuh dalam Perspektif Fungsi Administrasi (Studi pada Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Depok dan di Kelurahan Depok Kota Depok). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian terkait Implementasi Program Kota Tanpa Kumuh dalam perspektif fungsi administrasi mendasar pada, kawasan permukiman di perkotaan saat ini. Kawasan perkotaan memiliki permasalahan yang sangat khas yaitu permukiman kumuh. Permintaan akan lahan yang tinggi tidak sebanding dengan jumlah luas lahan yang ada, kepadatan penduduk yang terus meningkat menjembatani terbentuknya permukiman kumuh di Kota Depok. Peraturan Menteri PUPR Nomor 2 Tahun 2016 tentang peningkatan kualitas terhadap perumahan kumuh dan permukiman kumuh, Direktorat Pengembangan Kawasan Permukiman, Ditjen Cipta Karya membuat suatu program yang bernama Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU). Program ini dibentuk untuk mengatasi permukiman kumuh yang ada di Indonesia, salah satu kota yang masuk kedalam fokus program ini yaitu Kota Depok, yang memiliki luasan permukiman kumuh yang cukup besar. Maka dari itu dalam pelaksanaan program Kota Tanpa Kumuh perlu didasarkan pada fungsi administrasi agar dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif hal itu bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program kota tanpa kumuh yang di lakukan oleh tim KOTAKU di bawah naungnan Dinas Perumahan dan Permukiman di Kelurahan Depok dalam perspektif fungsi administrasi yang terdiri dari Planning, Organizing, Staffing, dan Directting serta untuk mengetahui apakah dengan diimplementasikan program KOTAKU di Kelurahan Depok mampu mengurangi kawasan kumuh yang ada. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrument penelitian terdiri dari peneliti sendiri, pedoman wawancara, dan perangkat penunjang yang digunakan pada saat peneliti melakukan observasi di lapangan. Dalam menganalisis data penelitian, peneliti mengacu pada metode yang dikemukakan oleh Miles, Huberman, dan Saldana. Berdasarkan hasil penelitian, pelaksanaan program kota tanpa kumuh di Kelurahan Depok belum baik, hal tersebut didasari dengan dilaksanakannya program kota tanpa kumuh berdasarkan fungsi administrasi yang diajukan peneliti pada fokus penelitian. Namun sejalan dengan itu masih terdapat beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki untuk mendapatkan hasil yang optimal seperti contoh dalam proses Organizing dan Staffing. Adapun pelaksanaan program KOTAKU dalam mengurangi kawasan kumuh di Kelurahan Depok dapat dikatakan berhasil dalam pelaksanaanya hal itu dapat dibuktikan dengan berkurangnya besaran wilayah kumuh di Kelurahan Depok serta, terbangunnya pemenuhan akan perbaikan wilayah di Kelurahan Depok dalam menjawab beberapa indikator kekumuhan.

English Abstract

Research related to the Implementation of the No Slum City Program in the perspective of fundamental administrative functions in urban settlements today. Urban areas have very typical problems, namely slums. The demand for high land is not proportional to the amount of land available, the increasing population density bridges the formation of slums in Depok City. Regulation of the Minister of Public Works and Housing No. 2 of 2016 concerning improving the quality of slum housing and slum settlements, the Directorate of Settlement Area Development, Directorate General of Cipta Karya made a program called the City without Slums (KOTAKU). This program was formed to address the slums in Indonesia, one of the cities that is included in the focus of this program, namely Depok City, which has a large slum area. Therefore the implementation of the No Slum City program needs to be based on administrative functions in order to achieve the intended goals. This study uses a descriptive type of research with a qualitative approach that aims to describe the implementation of city programs without slums carried out by the KOTAKU team under the auspices of the Housing and Settlement Agency in Depok Village in the perspective of administrative functions consisting of Planning, Organizing, Staffing, and Directting and to find out whether the KOTAKU program implemented in Depok Village was able to reduce the existing slums. The data sources used are primary data and secondary data. Data collection techniques conducted by researchers are through observation, interviews, and documentation. The research instrument consisted of the researchers themselves, interview guidelines, and supporting devices used when researchers conducted observations in the field. In analyzing research data, researchers refer to the method proposed by Miles, Huberman, and Saldana. Based on the results of the study, the implementation of the city program without slums in Depok Sub-District was not good, it was based on the implementation of a city program without slums based on administrative functions proposed by researchers at the focus of the study. But along with that there are still some shortcomings that need to be corrected to get optimal results like the example in the Organizing and Staffing process. The implementation of the KOTAKU program in reducing slums in Depok District can be said to be successful in its implementation, this can be evidenced by the decrease in the size of slum areas in Depok Village as well as the fulfillment of regional improvements in Depok Sub- District in answering several slums indicators.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/180/051906127
Uncontrolled Keywords: Impelementasi Program, Permukiman Kumuh, Fungsi Administrasi-Program Implementation, Slum Settlement, Administrative Function
Subjects: 300 Social sciences > 353 Specific fields of public administration > 353.5 Public administration of social warfare > 353.59 Activities relating to population and settlement
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 04 Nov 2020 16:44
Last Modified: 21 Oct 2021 00:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172510
[thumbnail of Muhammad Ja’far Shodiq.pdf]
Preview
Text
Muhammad Ja’far Shodiq.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item