Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial: Determinan dan Dampaknya terhadap Nilai Perusahaan

Orbaningsih, Dwi (2018) Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial: Determinan dan Dampaknya terhadap Nilai Perusahaan. Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh kekuatan pemangku kepentingan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, postur strategis terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, kinerja ekonomi terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, dan kelompok khusus yang berkepentingan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Selanjutnya, penelitian ini menguji pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap kompetisi pasar produk, kompetisi pasar produk terhadap nilai perusahaan, pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap nilai perusahaan, dan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap nilai perusahaan yang dimediasi oleh kompetisi pasar produk. Pengujian dilakukan pada 181 perusahaan yang melakukan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan pada laporan tahunan dan laporan berkelanjutan perusahaan periode 2011-2015 dengan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan postur strategis, kinerja ekonomi, dan kelompok khusus yang berkepentingan berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Kekuatan pemangku kepentingan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan.Hal ini dikarenakan bunga pinjaman yang besar akan menurunkan tingkat pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Selanjutnya, pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan berpengaruh terhadap kompetisi pasar produk; kompetisi pasar produk berpengaruh terhadap nilai perusahaan; pengungkapan tanggung jawab sosial berpengaruh terhadap nilai perusahaan; dan pengungkapan tanggung jawab sosial berpengaruh terhadap nilai perusahaan yang dimediasi oleh kompetisi pasar produk.

English Abstract

This study aims to verify the effect of stakeholder power on corporate social responsibility disclosure (CSRD); strategic posture on CSRD; economic performance on CSRD; and special interest group on CSRD. Then, this study examines the effect of CSRD on product market competition; product market competition on firm value; and CSRD on firm value that mediated by product market competition. This study conducted on 181 companies that perform CSRD in companies annual report and sustainability report during 2011-2015 period with regression analysis. The research finding show that strategic posture, economic performance, and special interest group affects CSRD. Stakeholder power has no effect on CSRD. This is due to high rent will decrease the level of CSRD. Furthermore, CSRD has effect on product market competition; product market competition has effect on firm value; CSRD has effect on firm value; and CSRS has effect on firm value that mediated by product market competition.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DIS/346.066/ORB/p/2018/061805073
Uncontrolled Keywords: CORPORATIONS (COMPANIES)
Subjects: 300 Social sciences > 346 Private law > 346.06 Organizations (Associations) > 346.066 Corporations (Companies)
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 09 Sep 2019 01:50
Last Modified: 19 Jan 2022 02:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172497
[thumbnail of Dwi Orbaningsih (2).pdf]
Preview
Text
Dwi Orbaningsih (2).pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item