Analisis Fundamental Dengan Pendekatan Price Earning Ratio (Per) Untuk Menilai Kewajaran Harga Saham Sebagai Dasar Pengambilan Keputusan Investasi (Studi Pada Perusahaan Pertambangan Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018)

Setiawan, Septyan Bagus (2019) Analisis Fundamental Dengan Pendekatan Price Earning Ratio (Per) Untuk Menilai Kewajaran Harga Saham Sebagai Dasar Pengambilan Keputusan Investasi (Studi Pada Perusahaan Pertambangan Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Era globalisasi saat ini perusahaan memerlukan modal agar perusahaan dapat terus berkembang. Modal yang digunakan perusahaan dapat berasal dari dalam dan luar perusahaan. Sumber dana yang berasal dari luar perusahaan berupa utang yang berasal dari kreditor maupun pendanaan yang dilakukan oleh perusahaan dalam bentuk saham dan obligasi yang dijual di masyarakat. Sarana yang menghubungkan antara perusahaan dengan masyarakat dalam melakukan jual beli saham dan obligasi dinamakan pasar modal. Saham merupakan salah satu instrumen pasar modal yang paling banyak diperdagankan. Saham merupakan salah satu jenis investasi yang banyak dipilih oleh investor karena memiliki banyak keuntungan, akan tetapi saham juga memiliki risiko yang sesuai dengan keuntungan tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Price Earning Ratio (PER). Penilaian harga saham dengan pendekatan PER dilakukan dengan cara membandingkan nilai intrinsik saham dengan harga pasar saham, sehingga dapat diketahui kondisi harga saham dalam keadaan undervalued, overvalued, dan correctly valued. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan kondisi keuangan perusahaan ditinjau dari variabel fundamental dan mengetahui kewajaran harga saham dalam menentukan keputusan investasi dengan menggunakan analisis fundamental melalui pendekatan Price Earning Ratio (PER) pada perusahaan pertambangan tahun 2015 sampai dengan tahun 2018 sebanyak 47 perusahaan. Berdasarkan teknik purposive sampling diperoleh 3 perusahaan yang menjadi sampel penelitian. Data yang digunakan adalah laporan keuangan yang berasal dari website resmi BEI periode 2015-2018. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa saham PT. Adaro Energy Tbk (ADRO), PT. Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG), dan PT. Mitrabara Adiperdana Tbk (MBAP) berada pada posisi overvalued. Keputusan investasi yang tepat adalah menjual saham tersebut jika memiliki, dan apabila belum memiliki saham tersebut maka keputusan yang sebaiknya diambil adalah tidak membeli terlebih dahulu saham tersebut.

English Abstract

The current era of globalization companies need capital to grow. The capital used by companies can come from internal and external the company. Sources of funds originating from external the company in the form of debt originating from creditors and funding made by companies in the form of stocks and bonds sold in the community. The medium that connects companies and communities in buying and selling shares and bonds is called the capital market. Stock is one of the most traded capital market instruments. Stock is one type of investment that is chosen by many investors due to many benefits, but stocks also have risks that are in accordance with these benefits. The approach used in this study is Price Earning Ratio (PER). The assessment of the stock price by the PER approach done by comparing the intrinsic value of a stock by stock market prices, so as to note the condition of the stock price in an undervalued, overvalued, and correctly valued. The purpose of this research is to know the development of the company's financial condition in terms of the fundamental variables and find out the share price reasonableness in determining investment decisions using fundamental analysis through approach to the Price Earning Ratio (PER) on the mining company until the year 2015 until 2018 as much as 47 companies. Based on purposive sampling technique acquired 3 companies that became the sample of the study. The data used are of financial statements that are derived from the official website of BEI 2015-2018 period. The results of this research show that the shares of PT. Adaro Energy Tbk (ADRO), PT.Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG), and PT. Mitrabara Adiperdana Tbk (MBAP) is in overvalued position. The right investment decision is to sell the stock when it has, and if you don't have the stock then decision that should be taken is not to buy the shares first.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/172/051906119
Subjects: 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.6 Investment > 332.63 Specific forms of investment > 332.632 Securities, real estate, commodities > 332.632 2 Stocks (Shares) > 332.632 22 Prices
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 18 Aug 2020 02:59
Last Modified: 18 Aug 2020 02:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172477
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item