Pamungkas, Bayu Putra (2019) Pengaruh Product Quality, Price Suitability dan Promotion Intensity Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Survei pada konsumen rokok Djarum Super di wilayah kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Indonesia merupakan negara dengan tingkat konsumsi rokok tertinggi di ASEAN dengan persentase sebesar 46,16%. Fenomena tersebut membuat produsen-produsen rokok di Indonesia berlomba-lomba untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan para perokok. PT. Djarum merupakan salah satu dalam perusahan yang memproduksi rokok untuk memenuhi permintaan masyarakat, akan tetapi diduga salah satu produk rokok dari PT. Djarum yaitu produk Djarum Super memiliki ciri khas rasa dan aroma tersendiri. Selain itu harga dari produk tersebut yang relatif tinggi dibandingkan produk lain di kelasnya dan juga perlunya memaksimalkan intensitas promosi dari produk Djarum Super agar jumlah konsumen yang memutuskan melakukan pembelian mengalami peningkatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan bahwa: (1) Product Quality secara parsial berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada produk rokok Djarum Super; (2) Price Suitability secara parsial berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada produk rokok Djarum Super; (3) Promotion Intensity secara parsial berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada produk rokok Djarum Super; (4) Product Quality, Price Suitability, dan Promotion Intensity secara simultan berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada produk rokok Djarum Super. Analisi data dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan analisi regresi linier berganda menggunakan SPSS versi 20.0 for Windows. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Product Quality memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian; (2) Price Suitability memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian; (3) Promotion Intensity memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian; (4) Product Quality, Price Suitability, dan Promotion Intensity memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian.
English Abstract
Indonesia is the country with the highest level of cigarette consumption in ASEAN with a percentage of 46.16%. This phenomenon makes cigarette producers in Indonesia compete each other to meet the needs or desires of smokers. PT. Djarum is one of the companies that produce cigarettes to meet people's demands, but it is suspected that one of the cigarette products from PT. Djarum namely Djarum Super have distinctive taste and aroma characteristics. In addition, the prices of these products are relatively high compared to other products in their class and also the need to maximize the intensity of promotion of Djarum Super products so that the number of consumers who decide to make purchases can be increases. The purpose of this research is to find out and explain that: (1) Product Quality partially affects the consumer purchase decision of Djarum Super cigarette products; (2) Price Suitability partially affects the consumer purchase decision of Djarum Super cigarette products; (3) Promotion Intensity partially affects the consumer purchase decision of Djarum Super cigarette products; (4) Product Quality, Price Suitability, and Promotion Intensity simultaneously affect consumer purchase decision of Djarum Super cigarette products. The analysis of the data in this study is the descriptive analyses and analyzers of multiple linear regression using SPSS version 20.0 for Windows. The results of this study indicate that: (1) Product Quality has a significant effect on the purchase decision; (2) Price Suitability has a significant influence on the purchase decision; (3) Promotion Intensity has a significant influence on the purchase decision; (4) Product Quality, Price Suitability, and Promotion Intensity have a significant influence on the purchase decision.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2019/521/051906648 |
Uncontrolled Keywords: | Product Quality, Price Suitability, Promotion Intensity, Keputusan Pembelian-Product Quality, Price Suitability, Promotion Intensity, Purchasing Decision |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 10 Aug 2020 06:34 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 05:42 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172459 |
Preview |
Text
Bayu Putra Pamungkas.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |