Penerapan Program Pendaftaran Online Tanpa Antri Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (Studi Pada RSUD dr. Iskak Kabupaten Tulungagung)

Putri, Vara Veronika Dwi (2019) Penerapan Program Pendaftaran Online Tanpa Antri Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (Studi Pada RSUD dr. Iskak Kabupaten Tulungagung). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

RSUD dr. Iskak Kabupaten Tulungagung memiliki inovasi berupa program yang dinamakan program POETRI atau pendaftaran online tanpa antri. Inovasi tersebut dilatarbelakangi oleh adanya kondisi bahwa ketika masyarakat akan berobat terjadi antrean panjang khususnya pada masyarakat yang berobat di poliklinik. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan program POETRI dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di RSUD dr. Iskak dan menjelaskan hambatan yang muncul dalam penerapan program POETRI serta upaya yang dilakukan RSUD dr. Iskak dalam mengatasi hambatan terkait penerapan program POETRI. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dari penelitian ini adalah dengan pihak-pihak yang terkait dengan penerapan program POETRI.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan program POETRI ini sudah sesuai dengan konsep kualitas pelayanan dalam hal peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di RSUD dr. Iskak. Sehingga dengan munculnya program POETRI ini menjadikan pelayanan di RSUD dr. Iskak menjadi lebih berkualitas. Adanya POETRI memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat dan bagi pihak rumah sakit.Pengembangan dari adanya reservasi online ini juga mengikuti kemampuan masyarakat, mulai dari menggunakan sms sampai dengan menggunakan whatsapp.Hambatan dalam penerapan program POETRI ini adalah adanya ketidakstabilan dalam penggunaan jaringan internet dan kurangnya sosialiasi tentang program POETRI. Sedangkan upaya yang sudah dilakukan oleh RSUD dr. Iskak dalam mengatasi hambatan tersebut adalah dengan menambah bandwith internet khusus untuk jaringan reservasi sms dan memberikan sosialisasi melalui beberapa media yang dapat diketahui oleh masyarakat.

English Abstract

RSUD dr. Iskak Tulungagung Regency has an innovation in the form of a program named POETRI or unqueu online registration. The innovation is motivated by the condition that when the society would seek treatment there is a long queue, especially for people who seek outpatient treatment. The aim of this research to describe the implementation of POETRI program innovation in the effort of health quality services improvement at the RSUD dr. Iskak and to clarify the obstacles that appear in the implementation of POETRI program and the efforts made by the RSUD dr. Iskak in overcoming obstacles related to the implementation of POETRI program. The type of research used in this paper is descriptive research with a qualitative approach. The informants of this research were those involved in the implementation of POETRI program. The data collection technique in this research used interview, observation and documentation. The results of this research indicate the implementation of POETRI program is in line with the concept of service quality in terms of improving the quality of health services. So, by the emergence of POETRI program, services at the RSUD dr. Iskak be better quality. The POETRI program existence provides a lot of convenience for the community, especially reducing the long queue at the registration counter. In addition, it also provides convenience for the hospital, such as in providing patient files to be more organized and validating patient data more accurately. The online reservation development has also been provided well and follows the capabilities of the community, from using SMS to using Whatsapp.The obstacle in implementation of POETRI program is the existence in the use of the internet network and the lack of socialization about POETRI program. While the efforts that have made by RSUD dr.Iskak in overcoming these obstacles is to add internet bandwith specifically for sms reservation networks and provide socialization through several media that can be known by the public.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/330/051906326
Uncontrolled Keywords: Program POETRI, Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan-POETRI Program, Quality Improvement of Health Se
Subjects: 300 Social sciences > 362 Social problems of and services to groups of people > 362.1 People with physical illnesses > 362.12 Clinics and related institutions
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 16 Oct 2019 07:04
Last Modified: 21 Oct 2021 07:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172455
[thumbnail of Vara Veronika Dwi Putri.pdf]
Preview
Text
Vara Veronika Dwi Putri.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item