Evaluasi Pelayanan Perizinan Penelitian Asing (Studi Pada Subdirektorat Perizinan Penelitian, Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi)

Trianto, Muhammad Rosyidi (2019) Evaluasi Pelayanan Perizinan Penelitian Asing (Studi Pada Subdirektorat Perizinan Penelitian, Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian terkait Pelaksanaan Pelayanan Perizinan Penelitian bagi peneliti asing yang tidak memiliki masa study di Indonesia. Pelayanan Perizinan Penelitian di Subdirektorat Perizinan Penelitian memiliki permasalahan tersendiri yaitu hasil kepuasan masyarakat yang dilakukan Subdirektorat Perizinan Penelitian menunjukkan tingkat kepuasan yang baik. Akan tetapi, berdasarkan data yang diperoleh mengenai durasi waktu pembuatan surat izin penelitian yang menyatakan bahwa tidak sesuainya durasi yang telah ada didalam standar operasional prosedur dengan kenyataan yang ada serta di perkuat dengan hasil wawancara dan observasi dilapangan. Oleh karena itu pelayanan perizinan penelitian asing perlu dilakukan evaluasi pada pelaksanaannya agar dapat mengetahui penyebabnya dan menyelesaikan permasalahan yang ada. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif, hal itu bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pelayanan perizinan penelitian asing yang dilakukan Subdirektorat Perizinan Penelitian yang dalam pelaksanaan pelayanannya terdiri dari Standar Pelayanan, Maklumat Pelayanan, Hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM), Pengelolaan Pengaduan, dan Sistem Informasi Pelayanan Publik serta Faktor Pendukung dan Penghambat untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pelayanan perizinan penelitian asing pada Subdirektorat Perizinan Penelitian. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrument penelitian terdiri dari peneliti sendiri, pedoman wawancara, dan perangkat penunjang yang digunakan pada saat peneliti melakukan observasi dilapangan. Dalam menganalisis data penelitian, peneliti mengacu pada metode yang dikemukakan oleh Seidel. Berdasarkan hasil penelitian, pelaksanaan pelayanan perizinan penelitian di Subdirektorat Perizinan Penelitian belum optimal. Hal tersebut didasari dengan dilaksanakannya evaluasi pelaksanaan pelayanan perizinan penelitian asing berdasarkan yang diajukan peneliti pada fokus penelitian yaitu, Standar Pelayanan, Maklumat Pelayanan, Hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM), Pengelolaan Pengaduan, dan Sistem Informasi Pelayanan Publik. Maka dari itu, Subdirektorat Perizinan Penelitian perlu memperbaiki kekurangan tersebut untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam pelaksanaan pelayanan perizinan penelitian asing

English Abstract

Research related to research permit for foreign researchers who do not have studies in Indonesia Research permit services in the Subdirectorate of Research Permit has its own problems, namely the results of community satisfaction conducted by the Subdirectorate Research Permit shows a good level of satisfaction. However, based on the data obtained concerning the duration time of a research permit stating that it is not compatible the duration of existing in the standard operational procedures with the existing reality and tighten up with results interviews and observations in field. Therefore, the licensing of foreign research services need to be evaluated on its implementation in order to find out the cause and resolve existing problems. This research uses descriptive qualitative approach types, it aims to describe the implementation of the licensing services to foreign research conducted Subdirectorate of Research Permit in the exercise of his Ministry consists of standard services, Information Services, Community satisfaction survey Results (SKM), Complaint Management, and information systems of public service as well as Supporting and Restricting Factors to know how the implementation of the licensing services foreign research on Subdirectorate of Research Permit. Data sources used are primary and secondary data. The technique of data collection conducted researchers through interviews, observation and documentation. Research instrument consisting of researchers themselves, guidelines for interviews, and ancillary devices used at the time of the researchers conducting the observation field. In the study, researchers analyzed the data refers to the method put forward by Seidel. Based on the research results, the implementation of the licensing services research at Subdirectorate of Research Permit has not been optimal. It is based on an evaluation of the implementation of the performance of services by licensing foreign research based on the submitted researchers focus on research that is, standard service, Information Service, Community satisfaction survey Results (SKM), Complaint management, and information systems of public service. Therefore, Subdirectorate of Research Permit needs to correct these deficiencies to obtain optimal results in the implementation of foreign research licensing services.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/163/051906110
Uncontrolled Keywords: Perizinan, Pelayanan Perizinan, Penelitian, Permit, Licensing Services, Research.
Subjects: 300 Social sciences > 353 Specific fields of public administration > 353.8 Public administration of agencies supporting and controlling education
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 17 Nov 2020 01:41
Last Modified: 17 Nov 2020 01:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172453
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item