Kesesuaian Fitur Foto Whatsapp Dan Kamera Smartphone Dalam Menilai Infiltrat Pada Radiografi Toraks Dibandingkan Data DICOM

Anam, Saiful (2018) Kesesuaian Fitur Foto Whatsapp Dan Kamera Smartphone Dalam Menilai Infiltrat Pada Radiografi Toraks Dibandingkan Data DICOM. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar Belakang: Tuntutan interpretasi radiografi yang cepat dan belum tersedianya sarana Picture Arceiving And Communicating System (PACS), dan perkembangan teknologi dan komunikasi yang pesat, mendorong munculnya sarana teleradiologi alternatif, salah satunya adalah Whatsapp Messenger (WA) sebagai media konsultasi radiografi toraks dengan memotret print out film. Proses reproduksi gambar tersebut dipengaruhi faktor lingkungan, manusia, dan juga kompresi gambar pada WA menyebabkan penurunan kualitas gambar radiografi toraks yang pada akhirnya dapat mempengaruhi hasil interpretasi. Tujuan: Menilai kesesuaian hasil interpretasi radiografi toraks yang di foto menggunakan fitur foto Whatsapp dan fitur kamera smartphone dibandingkan dengan data DICOM. Metode: Studi prospektif analisis pada 300 radiografi toraks dilakukan untuk menilai ada tidaknya infiltrat, dengan 3 perlakuan. Pertama, memotret print out radiografi toraks menggunakan aplikasi WA; kedua, memotretnya pada monitor workstation menggunakan kamera smartphone; ketiga, membuka data DICOMnya. Masing masing perlakuan diinterpretasi oleh 3 radiolog. Dua perlakuan pertama dibandingkan dengan perlakuan ketiga. Analisis statistik menggunakan analisis deskriptif dan uji Cohen’s kappa. Hasil: Didapatkan 243 interpretasi yang sesuai, dan 57 yang tidak sesuai pada foto WA, dan 257 yang sesuai, dan 43 yang tidak sesuai pada foto monitor workstation, dibandingkan dengan DICOM. Pada analisis statistik, didapatkan hasil dengan kriteria “cukup” pada interpretasi foto WA dan “memuaskan” pada interpretasi foto monitor workstation. Kesimpulan: Penelitian menunjukkan hasil dengan kriteria “cukup” pada foto WA dan “memuaskan” pada foto smartphone, mengisyaratkan bahwa penggunaan foto WA masih layak dan dapat digunakan sebagai media teleradiologi radiografi toraks.

English Abstract

Objective : Assessing the suitability of chest radiograph interpretation in images captured using WhatsApp (WA) and smartphone cameras compared to DICOM data. Materials and Methods : A prospective study on 300 chest radiographs was performed to assess the presence of infiltrates, with 3 treatments. First, capturing pictures of the chest radiograph print outs using the WA application; second, capturing pictures on the workstation monitor using a smartphone camera; third, opening the DICOM data. Each treatment was interpreted by 3 radiologists. The first two treatments were compared with the third treatment. The statistical analysis used descriptive analysis and the Cohen's kappa test. Results : The study obtained 243 suitable interpretations, and 57 were unsuitable from WA images. Moreover, there were 257 suitable, and 43 unsuitable from the workstation monitor images, compared to DICOM. In the statistical analysis, the results obtained were "moderate" criteria on the interpretation of WA photos and "good" on the interpretation of photos on workstation monitors. Conclusion : The study showed the results with "moderate" criteria on WA images and "good" on smartphone images, suggesting that the use of WA images is appropriate and can be used as a teleradiology tool for chest radiographs. Novelty : There has been no similar research conducted in Indonesia.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/616.075/ANA/k/2018/041901107
Uncontrolled Keywords: DIAGNOSIS, RADIOSCOPIC
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 616 Diseases > 616.07 Pathology > 616.075 Diagnosis and prognosis
Divisions: Profesi Kedokteran > Spesialis Radiologi, Fakultas Kedokteran
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Sep 2019 01:42
Last Modified: 06 Sep 2019 01:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172451
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item