Implementasi Kebijakan Peraturan Menteri Sekretaris Negara Nomor 3 Tahun 2015 Pada Unit Penanganan Pengaduan Masyarakat (Dumas) (Studi Pada Asisten Deputi Pengaduan Masyarakat Kementerian Sekretariat Negara)

Pratama, Yashel Audi Herry (2019) Implementasi Kebijakan Peraturan Menteri Sekretaris Negara Nomor 3 Tahun 2015 Pada Unit Penanganan Pengaduan Masyarakat (Dumas) (Studi Pada Asisten Deputi Pengaduan Masyarakat Kementerian Sekretariat Negara). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Banyaknya pengaduan masyarakat yang tidak ditindaklanjuti oleh unit penanganan pengaduan masyarakat, serta lamanya proses penyelesaian penanganan pengaduan masyarakat dan terlambatnya penyampaian informasi kepada masyarakat tentang progres atau kemajuan mengenai penanganan pengaduan masyarakat. Peraturan Menteri yang dirancang oleh Kementerian Sekretariat Negara adalah tata kerja Kementerian Sekretariat Negara guna mempermudah proses tata kerja sebelumnya. Dimana Asisten Deputi Pengaduan Masyarakat Kementerian Sekretariat Negara harus dapat bergerak dinamis dalam arti selalu terus menerus menyesuaikan diri dengan perkembangan keadaan, dan harus cepat tanggap terhadap kebutuhan pengguna ayanan serta dinamika maupun tuntutan dalam penanganan pengaduan masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian adalah Kementerian Sekretariat Negara dan situs penelitian di Asisten Deputi Pengaduan Masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, & dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis dari Miles, Hubermen, dan Saldana (2014) terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menggunakan teori implementasi George C. Edward meliputi 4 variabel yang mempengaruhi kinerja implementasi, yaitu: 1. Komunikasi antar pegawai atau kepada pengadu sudah berjalan dengan baik sesuai dengan aturan yang ada. 2. Sumber daya, Sumber daya manusia yang ada sudah terjamin kompeten karena adanya pelatihan dan pendidikan. 3. Disposisi atau kemauan, sudah terjalin dengan baik dibuktikan melakukan insiatif dan inovasi dalam pekerjaan. 4. Struktur Birokrasi sudah berjalan dengan baik dikarenakan sudah menerapkan prinsip pelayanan yang sesuai dalam Pasal 4 Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik, sehingga struktur birokrasi di Asisten Deputi Pengaduan Masyarakat berjalan secara efektif. Dalam pelaksanaannya terdapat faktor pendukung jalannya penanganan pengaduan masyarakat yaitu, landasan hukum yang jelas, komunikasi antar aktor jelas, dan adanya sumber daya pendukung. Kemudian juga terdapat penghambat jalannya penanganan pengaduan masyarakat yaitu, sarana dan prasarana kurang memadai, serta kurangnya informasi yang diberikan kepada masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam pelaksanaan penanganan pengaduan masyarakat di Asisten Deputi Pengaduan Masyarakat Kementerian Sekretariat Negara sudah berjalan dengan cukup baik, namun masih terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaannya.

English Abstract

The number of public complaints that were not followed up by the public complaints handling unit, as well as the length of the process of resolving the handling of public complaints and the late delivery of information to the public about the progress or progress regarding the handling of public complaints. The Ministerial Regulation designed by the Ministry of State Secretariat is the working procedure of the Ministry of State Secretariat in order to simplify the previous work process. Where the Deputy Deputy of Public Complaints of the Ministry of State Secretariat must be able to move dynamically in the sense that it is always constantly adjusting to the development of the situation, and must be responsive to the needs of service users and the dynamics and demands in handling public complaints. The type of research used in this study is descriptive research with a qualitative approach. The research locations are the Ministry of State Secretariat and research sites in the Assistant Deputy for Public Complaints. This study uses the method of interview, observation, & documentation. Analysis of the data used is an analysis of Miles, Hubermen, and Saldana (2014) consisting of data collection, data condensation, data presentation and conclusion drawing. The results of this study using George C. Edward's implementation theory includes 4 variables that affect implementation performance, namely: 1. Communication between employees or to complainants has gone well in accordance with existing rules. 2. Resources, existing human resources are guaranteed competent because of training and education. 3. Disposition or willingness, has been well established proven initiative and innovation in the work. 4. The structure of the Bureaucracy has been going well because it has applied the service principle that is in accordance with Article 4 of Law Number 25 of 2009 concerning public services, so that the bureaucratic structure in the Deputy Assistant for Public Complaints runs effectively. In its implementation there are supporting factors for the handling of public complaints, namely, a clear legal basis, clear communication between actors, and the existence of supporting resources. Then there are also obstacles to the handling of public complaints, namely, inadequate facilities and infrastructure, and lack of information provided to the community. Based on the results of the study it can be concluded that in the implementation of handling public complaints in the Deputy Assistant of Public Complaints the Ministry of State Secretariat has been running quite well, but there are still some obstacles in its implementation.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/158/051906105
Uncontrolled Keywords: Implementasi , Penanganan Pengaduan Masyarakat, Asisten Deputi Pengaduan Masyarakat Kementerian Sekretariat Negara., Implementation, Public Complaint Handling, Deputy Assistant for Public Complaints, Ministry of State Secretariat.
Subjects: 300 Social sciences > 347 Procedure and courts > 347.05 Procedure > 347.053 Kinds of actions
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 05 Nov 2020 02:53
Last Modified: 28 Oct 2021 07:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172447
[thumbnail of YASHEL AUDI HERRY PRATAMA (2).pdf]
Preview
Text
YASHEL AUDI HERRY PRATAMA (2).pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item