Gaya Kepemimpinan Di Kantor Regional Ii Badan Kepegawaian Negara Surabaya

Umaiya, Rahma Rizkiya R. (2019) Gaya Kepemimpinan Di Kantor Regional Ii Badan Kepegawaian Negara Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sumber daya manusia yang berkualitas akan menjadi aset berharga bagi sebuah organisasi. Gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh seorang pemimpin disetiap divisi merupakan suatu hal yang akan mempengaruhi dan mendorong setiap pegawai untuk bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Penelitian ini diarahkan oleh dua fokus penelitian yakni (1) gaya kepemimpinan yang diterapkan di Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara (2) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan gaya kepemimpinan di Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis data Miles, Huberman, dan Saldana (2014:14) Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan yang digunakan di Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara berdasarkan fokus penelitian adalah gaya kepemimpinan situasional. Faktor pendukung dari gaya kepemimpinan ini adalah inovasi-inovasi baru disetiap kegiatan yang dilaksanakan dan adanya penilaian prestasi kerja, sedangkan faktor penghambatnya adalah masih adanya pendapat bahwa diklat yang baik adalah dengan langsung melakukan praktek, tanpa praktek diklat cukup membuat jenuh terutama yang berusia tidak muda lagi, selain itu latar belakang yang berbeda serta terbatasnya sarana dan prasana. Dengan demikian yang dibutuhkan adalah sikap dan pengawasan yang lebih tegas dari atasan serta pelatihan langsung dengan praktek dan pemanfaatan waktu luang untuk memahami penggunaan teknologi.

English Abstract

The quality of human resources will be a valuable asset for an organization. The leadership style that is applied by a leader in each division is something that will influence and encourage each employee to work in accordance with their main tasks and functions. This research is a descriptive study with a qualitative approach. The data sources used are primary and secondary data sources. This research was directed by two research focuses, namely (1) the leadership style applied in the Regional Office II of the National Civil Service Agency (2) the supporting factors and obstacles to the implementation of leadership styles in the Regional Office II of the Surabaya Civil Service Agency. Data collection uses interview, observation, and documentation techniques. While the data analysis used is data analysis of Miles, Huberman, and Saldana (2014: 14). The results show that the leadership style used in Regional Offices II of the State Personnel Agency based on the focus of the study was situational leadership style. Supporting factors of this leadership style are new innovations in each activity carried out and the assessment of work performance, while the inhibiting factors is still the opinion that good training is to immediately practice, without the practice of training enough to saturate, especially those who are not young anymore, besides the different backgroungs and limited facilities and infrastructures. Thus what is needed is stricter attitudes and supervision from superiors as well as direct training with practice and utilization of leisure time to understand the use of technology

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/157/051906104
Uncontrolled Keywords: Gaya kepemimpinan, leadership style
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social Processes > 303.3 Coordination and control > 303.34 Leadership
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:28
Last Modified: 28 Oct 2021 07:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172446
[thumbnail of Rahma Rizkiya R. Umaiya (2).pdf]
Preview
Text
Rahma Rizkiya R. Umaiya (2).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item