Pengaruh Terpaan Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Berkunjung Dengan Citra Destinasi Sebagai Variabel Mediasi (Survei Pada Pengunjung Kampung Tridi (Tiga Dimensi) Malang

Ayuningtyas, Athika Sri (2019) Pengaruh Terpaan Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Berkunjung Dengan Citra Destinasi Sebagai Variabel Mediasi (Survei Pada Pengunjung Kampung Tridi (Tiga Dimensi) Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menjelaskan pengaruh Terpaan Media Sosial Instagram terhadap Citra Destinasi (2) mengetahui dan menjelaskan pengaruh Citra Destinasi terhadap Proses Keputusan Berkunjung (3) mengetahui dan menjelaskan pengaruh Terpaan Media Sosial Instagram terhadap Proses Keputusan Berkunjung (4) mengetahui dan menjelaskan pengaruh Terpaan Media Sosial Instagram terhadap Proses Keputusan Berkunjung dengan Citra Destinasi sebagai Variabel Mediasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian ini meliputi Terpaan Media Sosial Instagram, Citra Destinasi, dan Proses Keputusan Berkunjung. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung domestik Kampung Tridi Malang dengan usia minimal 18 tahun, memiliki akun Instagram dan menggunakannya, serta pernah melihat unggahan foto Kampung Tridi di Instagram. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 116 orang responden yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan metode survei menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Data pada penelitian ini diolah menggunakan IBM SPSS Statistics 21. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa Terpaan Media Sosial Instagram (X) berpengaruh signifikan terhadap Citra Destinasi (Z), Citra Destinasi (Z) berpengaruh signifikan terhadap Proses Keputusan Berkunjung (Y), Terpaan Media Sosial Instagram (X) berpengaruh signifikan terhadap Proses Keputusan Berkunjung (Y), dan Terpaan Media Sosial Instagram (X) berpengaruh signifikan terhadap Proses Keputusan Berkunjung (Y) dengan Citra Destinasi (Z) sebagai Variabel Mediasi.

English Abstract

The purpose of this study was to (1) knowing and explaining the influence of Instagram Exposure on Destination Image (2) knowing and explaining the influence of Destination Image on Decision to Visit Process (3) knowing and explaining the influence of Instagram Exposure on Decision to Visit Process (4) knowing and explaining the influence of Instagram Exposure on Decision to Visit Process with Destination Image as Intervening Variable. The type of research used in this research was explanatory with quantitative approach. The research variables were Instagram Exposure, Destination Image, and Decision to Visit Process. The population in this research were domestic visitors with minimun age of 18 years, have an Instagram account and use it also ever saw posting of Kampung Tridi photo in Instagram. The sample used in this research was 116 respondents take by using purposive sampling and data collection method using a survey method with questionnaire. Data analysis used was descriptive statistical analysis and path analysis. The data in this study was processed using IBM SPSS Statistics 21. The result of path analysis showed that Instagram Exposure (X) had a significant effect on Destination Image (Z), Destination Image (Z) had significant effect on Decision to Visit Process (Y), Instagram Exposure (X) had significant effect on Decision to Visit Process (Y), and Instagram Exposure (X) had significant effect on Decision to Visit Process (Y) with Destination Image (Z) as Intervening Variable.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/225/051906173
Uncontrolled Keywords: Terpaan Media Sosial Instagram, Citra Destinasi, Proses Keputusan Berkunjung, Instagram Exposure, Destination Image, Decision to Visit Process
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.3 Executive management > 352.33 Decision making
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:34
Last Modified: 10 Aug 2020 06:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172430
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item