Manajemen Sarana dan Prasarana untuk Mengoptimalkan Proses Pembelajaran (Studi pada SMA Negeri 3 Kota Malang)

Rossandi, Berliana (2019) Manajemen Sarana dan Prasarana untuk Mengoptimalkan Proses Pembelajaran (Studi pada SMA Negeri 3 Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Manajemen sarana dan prasarana merupakan hal yang penting dalam pendidikan karena diperlukan untuk memberikan layanan secara profesional sehingga proses pendidikan di sekolah terselenggara secara efektif dan efisien. Sarana dan prasarana tidak bisa diabaikan dalam proses pendidikan, sebab tanpa adanya sarana dan prasarana maka pelaksanaan pendidikan tidak akan berjalan dengan baik. Dalam hal ini manajemen sarana dan prasarana pendidikan dapat diartikan sebagai kegiatan pengelolaan sarana dan prasarana yang meliputi: Pengadaan, Inventarisasi, Pemeliharaan , dan Penghapusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Manajemen sarana dan prasarana untuk mengoptimalkan proses pembelajaran serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat apa saja yang dihadapi oleh sekolah dalam pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana. Proses penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai Maret 2019 yang berlokasi di Kota Malang dengan siklus penelitian d SMA Negeri 3 Kota Malang. Manajemen sarana dan prasarana yang diteliti yaitu berupa pelaksanaan manajemen pengadaan, inventarisasi, pemeliharaan, dan penghapusan, serta bagaimana pelaksanaan nya untuk mengoptimalkan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian bahwa dalam Manajemen sarana dan Prasarana untuk mengoptimalkan proses pembelajaran di SMA Negeri 3 Kota Malang sudah dilaksanakan hanya dalam pelaksanaannya belum berjalan secara maksimal dalam keseluruhannya. Berdasarkan hasil penelitian, penulis merumuskan saran sebagai berikut proses pengadaan dapat dilaksanakan menggunakan aplikasi atau secara online, pemberian kode inventarisasi diberikan pada seluruh barang-barang yang terdapat disekolah, pelaksanaan pemeliharaan selalu diawasi oleh bagian sarana dan prasarana di sekolah, bagian sarana dan prasarana harus lebih tanggap terhadap proses yang lambat dalam penghapusan, serta penulis memberikan saran agar sekolah khususnya tim sarana dan prasarana lebih tanggap terhadap keluhan yang dirasakan oleh pihak sekolah dan siswa terkait fasilitas yang telah disediakan agar proses pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik dan secara optimal dalam penggunaan sarana dan prasarananya.

English Abstract

Management of facilities and infrastructure is important in education because it is needed to provide services professionally so that the process of education in schools is carried out effectively and efficiently. Facilities and infrastructure cannot be ignored in the education process, because without the means and infrastructure, the implementation of education will not run well. In this case the management of educational facilities and infrastructure can be interpreted as activities for the management of facilities and infrastructure which include: Procurement, Inventory, Maintenance, and Removal. This study aims to find out how the implementation of management of facilities and infrastructure to optimize the learning process and find out the supporting and inhibiting factors that are faced by the school in the implementation of facilities and infrastructure management. The process of this research, the author uses a type of descriptive research using a qualitative approach. This research was conducted from February to March 2019 located in Malang City with a research cycle in Malang State High School 3. Management of facilities and infrastructure under study is in the form of implementation of management of procurement, inventory, maintenance, and deletion, as well as how to implement it to optimize the learning process. The results of the study that in the management of facilities and infrastructure to optimize the learning process in SMAN 3 Malang City have been implemented only in its implementation has not run optimally in its entirety. Based on the results of the study, the authors form suggestions as follows: the procurement process can be carried out using an application or online, providing inventory codes given to all items contained in schools, maintenance is always supervised by the facilities and infrastructure in schools, infrastructure and facilities responsive to the process that is slow in elimination, and the author advises that the school, especially the facilities and infrastructure team be more responsive to complaints felt by the school and students regarding the facilities provided so that the learning process can be carried out properly and optimally in the use of facilities and infrastructure .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/301/051906313
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.2 Plant management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 04 Oct 2020 08:30
Last Modified: 21 Oct 2021 07:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172384
[thumbnail of Berliana Rossandi.pdf]
Preview
Text
Berliana Rossandi.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item