Sari, Rhoudatul Permata (2018) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Target Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Dengan Kepuasan Wajib Pajak Sebagai Variabel Moderating. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan terhadap target penerimaan pajak di moderasi oleh kepuasan wajib pajak. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksplanasi dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini meliputi kualitas pelayanan (X), target penerimaan pajak (Y), dan kepuasan wajib pajak (Z). Penelitian ini dilakukan berdasarkan kualitas pelayanan yang baik akan menimbulkan rasa puas atas layanan yang baik. Sehingga wajib pajak akan semakin tertarik untuk membayar pajak agar target penerimaan pajak terpenuhi. Populasi dalam penelitian ini yaitu wajib pajak yang terdaftar di Kantor Bersama Satuan Manunggal Satu Atap Mojokerto. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 100 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sampling insidental. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan kuisioner. Data diolah dengan menggunakan SPSS 23 for windows. Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan (β = 0,708 signifikan pada nilai probabilitas <0,05) dengan target penerimaan pajak. Hal ini menunjunjukkan kualitas pelayanan cenderung meningkatkan target penerimaan pajak. Hasil analisis uji nilai selisih mutlak menunjukkan bahwa kepuasan wajib pajak berpengaruh signifikan sebagai moderasi hubungan antara kualitas pelayanan terhadap target penerimaan pajak (β = 0,016 signifikan pada nilai probabilitas <0,05). Hal ini menunjukkan kualitas pelayanan yang baik akan memberikan kepuasan kepada wajib pajak sehingga wajib pajak membayar pajak agar target penerimaan pajak tercapai.
English Abstract
This research aims to examine the effect of service quality on tax revenue target moderated by taxpayer satisfaction. The type of this research is explanatory research with quantitative a quantitative approach. The variables in this research include service quality (X), tax revenue target (Y), and taxpayer satisfaction (Z). This research was conducted based on good service quality will cause satisfaction. So taxpayers will be interested in paying taxes so that the tax revenue target is reached. The population in this research is all taxpayers registered in Kantor Bersama Satuan Manunggal Satu Atap Mojokerto. The sampels are used 100 respondents. The sampling method used in this researc is incidental sampling. Data collection techniques used in this study are using quistionnaires. Data is processed using SPSS 23 for windows. The results of simple linier regression analysis show that service quality has a significant influence (β = 0,708 , significant at probability value < 0,05) with tax revenue target. This indicated that the service quality tends to increase the tax revenue target. The result of test the absolute difference value analysis indicate that taxpayer satisfaction has a significant effect as a moderation of the relationship between the service quality to the tax revenue target. (β = 0,016, Significant at probability value < 0,05). This indicated that good service quality will give satisfaction to tax payers so that taxpayers pay taxes so that the tax revenue target is reached.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2019/50/051905970 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Target Penerimaan Pajak, Kepuasan Wajib Pajak, Kantor Bersama Satuan Manunggal Satu Atap Mojokerto, Service Quality, Tax Revenue Target, Taxpayer Satisfaction, Kantor Bersama Satuan Manunggal Satu Atap Mojokerto. |
Subjects: | 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.4 Financial administration and budgets > 352.44 Revenue administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 06:29 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 07:23 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172334 |
![]() |
Text
RHOUDATUL PERMATA SARI (2).pdf Download (3MB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (19kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (8kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (2kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (1kB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |