Adroni, Misbah (2019) Pengaruh Consumer Perception Terhadap Satisfaction Dan Usage (Survei Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Pengguna Fitur Go-Pay Aplikasi Go-Jek). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pada tahun 2012 layanan mobile payment mulai beragam, industry perbankan dan pengembang aplikasi mulai masuk didalamnya. Berawal dari TCash hingga saat ini Go-Pay yang merupakan dua layanan dengan pengguna tertinggi hingga mencapai sekitar 10 juta pengguna. Layanan lain yang mulai mendapatkan pertumbuhan pengguna signifikan adalah PayPro dan OVO. Jika diamati mengapa layanan tersebut memiliki pengguna yang banyak adalah karena cakupan layanan yang lebih luas. Sama halnya dengan yang dilakukan oleh aplikasi Go-Jek dalam persaingan antar mobile payment, konsumen Go-Jek saat ini bisa melakukan berbagai aktivitas, mulai dari transportasi hingga memesan makanan. Berdasarkan fenomena tersebut terdapat persepsi dikalangan pelanggan Go-Jek yang selama ini melakukan pembayaran transaksi melalui Go-Pay bahwa pembayaran menjadi lebih praktis dan mudah serta banyak potongan harganya. Persepsi positif dari pelanggan Go-Jek terhadap metode pembayaran melalui Go-Pay ini memberikan kepuasan atas kemudahan transaksi yang diberikan. Terciptanya kepuasan pelanggan dapat memberikan beberapa manfaat, diantaranya hubungan antara perusahaan dan pelanggannya menjadi harmonis, memberikan dasar yang baik bagi pembelian ulang, terciptanya loyalitas pelanggan terhadap suatu produk tertentu dan membentuk suatu rekomendasi dari mulut ke mulut yang menguntungkan bagi perusahaan (Schnaars dalam Komara, 2013). Berdasarkan pernyataan tersebut, maka tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh persepsi konsumen (Consumer perception) pengguna Go-Payviii terhadap kepuasan (satisfaction), mengetahui dan menjelaskan pengaruh persepsi konsumen (Consumer perception) pengguna Go-Pay terhadap kegunaan (usage) dan Untuk mengetahui serta menjelaskan pengaruh kepuasan (satisfaction) pengguna GoPay terhadap kegunaan (usage). Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian explanatory (penjelasan) dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian kuantitatif digunakan untuk menjawab rumusan masalah dengan menggunakan konsep dan teori sehingga dapat dirumuskan hipotesis. Lokasi penelitian ini berada di Universitas Brawijaya Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Brawijaya yang pernah menggunakan Go-Pay sebagai pembayaran. Berdasarkan hasil perhitungan jumlah sampel,maka jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 113 orang mahasiswa Universitas Brawijaya. Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) Customer Perception terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap Satisfaction; 2) Satisfaction terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap Intensitas Pembelian (Usage); 3) Customer Perception terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap intensitas penggunaan (Usage). Peneliti juga menemukan bahwa variabel Satisfaction juga memiliki peran sebagai variabel intervening. Hal tersebut berarti bahwa apabila persepsi/harapan konsumen sesuai dengan kenyataan sehingga konsumen mendapatkan nilai kepuasan dengan Go-Pay, maka akan lebih meningkatkan lagi intensitas penggunaan.
English Abstract
In 2012 mobile payment services began to vary, the banking industry and application developers began to develop mobile payments. Starting from TCash until now, Go-Pay is the two services with the highest users reaching around 10 million users. Other services that began to get significant user growth were Pay-Pro and OVO. If it is observed why the service has many users, it is because of the wider range of services. As is the case with the Go-Jek application in the competition between mobile payments, Go-Jek consumers can now carry out various activities, from transportation to ordering food. Based on this phenomenon there is a perception among Go-Jek customers who have been making payments through Go-Pay that payments are more practical and easy and there are many discounts. The positive perception of Go-Jek customers on the method of payment through Go-Pay provides satisfaction with the ease of the transaction provided. The creation of customer satisfaction can provide several benefits, including the relationship between the company and its customers to be harmonious, providing a good basis for repurchase, creating customer loyalty to a particular product and forming a mouth-to-mouth recommendation that benefits the company (Schnaars in Komara, 2013). Based on these statements, the purpose of this study is to find out and explain the influence of Go-Pay users 'consumer perceptions on satisfaction, know and explain the influence of Go-Pay users' consumer perceptions on usage and to find out and explain the effect of Go-Pay user satisfaction on usage.x The type of research used is explanatory research through a quantitative approach. Quantitative research is used to answer the problem formulation by using concepts and theories so that hypotheses can be formulated. The location of this research is in Universitas Brawijaya Malang. The population in this study is Universitas Brawijaya students who have used Go-Pay as a payment. Based on the results of the calculation of the number of samples, the number of samples used in this study were 113 students of Universitas Brawijaya. The results of the study show that; 1) Customer Perception is proven to have a significant influence on Satisfaction; 2) Satisfaction has a significant influence on Usage; 3) Customer Perception has a significant influence on Usage. The researcher also found that the Satisfaction variable also has a role as an intervening variable. This means that if consumer perceptions / expectations are in accordance with reality so that consumers get satisfaction with Go-Pay, it will further increase the intensity of use
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2019/37/051906026 |
Uncontrolled Keywords: | Go-Pay, Customer Perception, Satisfaction, Usage, Go-Pay, Customer Perception, Satisfaction, Usage |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 03 Nov 2020 13:30 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 03:08 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172267 |
Preview |
Text
MISBAH ADRONI (2).pdf Download (7MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |