Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Prosedur Kredit Terhadap Keputusan Pengambilan Kredit (Studi Pada Bank BRI Kantor Unit Kawi Malang)

Adirna, Intan Novia (2018) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Prosedur Kredit Terhadap Keputusan Pengambilan Kredit (Studi Pada Bank BRI Kantor Unit Kawi Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan pengaruh variabel Kualitas Pelayanan (X1) dan Prosedur Kredit (X2) terhadap Keputusan Pengambilan Kredit(Y) pada Bank BRI Kantor Unit Kawi Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian penjelasan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian penjelasan merupakan penelitian yang menyoroti hubungan antar variabel dan menguji hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank BRI Kantor Unit Kawi Malang yang mengajukan kredit pada tahun 2016-2017, yaitu berjumlah 975 debitur, dengan jumlah sampel sebesar 91 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 20.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan (X1) dan Prosedur Kredit (X2) secara simultan berpengaruh signifikan Keputusan Pengambilan Kredit (Y) yang dapat diihat dari nilai nilai Fhitung sebesar 52,075 sedangkan nilai Ftabel adalah sebesar 3,100. Karena Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu 52,075 > 3,100 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel terikat (Keputusan Pengambilan Kredit (Y)) dapat dipengaruhi secara signifikan oleh variabel bebas (Kualitas Pelayanan (X1) dan Prosedur Kredit (X2)). Secara parsial variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pengambilan Kredit sebesar 0,516. Sedangkan variabel Prosedur Kredit berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Keputusan Pengambilan Kredit sebesar 0,362. Nilai Adjusted R square adalah sebesar 0,532. 53,2% variabel Keputusan Pengambilan Kredit akan dipengaruhi oleh variabel bebasnya, yaitu Kualitas Pelayanan (X1) dan Prosedur Kredit (X2). Sedangkan sisanya 46,8% variabel Keputusan Pengambilan Kredit akan dipengaruhi oleh variabel-variabel yang lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini

English Abstract

This study aims to explain the effect of variables Service Quality (X1) and Credit Procedure (X2) on Credit Taking Decisions (Y) at Bank BRI Unit Kawi Malang. The type of research used in this study is explanatory research using a quantitative approach. Explanatory research is a study that highlights the relationship between variables and testing hypotheses that have been formulated previously. The population in this study were customers of Bank BRI Unit Kawi Malang who applied for credit in 2016-2017, which amounted to 975 debtors, with a sample size of 91 people. Data collection techniques used in this study were questionnaires and documentation using multiple linear regression analysis with the help of SPSS 20.00 for windows. The results showed that Service Quality (X1) and Credit Procedure (X2) simultaneously had a significant effect on Credit Taking Decisions (Y) which can be seen from the value of Fcount of 52.075 while the Ftable value was 3.100. Because Fcount is greater than Ftable which is 52,075> 3,100 so it can be concluded that the dependent variable (Credit Taking Decision (Y)) can be significantly influenced by the independent variable (Service Quality (X1) and Credit Procedure (X2)). Partially Service Quality variables have a significant effect on Credit Taking Decisions of 0.516. While the Credit Procedure variable has a partially significant effect on Credit Taking Decisions of 0.362. Adjusted R square value is 0.532. 53.2% of the Credit Taking Decision variable will be influenced by the independent variables, namely Service Quality (X1) and Credit Procedure (X2). While the remaining 46.8% of Credit Taking Decision variables will be influenced by other variables not discussed in this study

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/131/051906078
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Prosedur Kredit, Keputusan Pengambilan Kredit, Service Quality, Credit Procedure, Credit Taking Decisions
Subjects: 300 Social sciences > 354 Public administration of economy and environment > 354.8 Public administration of financial institutions, money, credit
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:32
Last Modified: 28 Oct 2021 07:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172251
[thumbnail of INTAN NOVIA ADIRNA (2).pdf]
Preview
Text
INTAN NOVIA ADIRNA (2).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item