Implementasi Program Keaksaraan Fungsional (KF) Dalam Pemberdayaan Masyarakat Buta Aksara (Studi di Dinas Pendidikan Kota Batu)

Pappang, Antonius (2019) Implementasi Program Keaksaraan Fungsional (KF) Dalam Pemberdayaan Masyarakat Buta Aksara (Studi di Dinas Pendidikan Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Program Keaksaraan Fungsional adalah Program yang ditujukan kepada masyarakat yang masih buta huruf. Tujuan dari program Keaksaraan Fungsional ini adalah sebagai upaya untuk mengembangkan kemampuan belajar dalam menguasai dan menggunakan keterampilan menulis, membaca, berhitung, berfikir, mengamati, mendengar dan berbicara dengan bahasa Indonesia yang benar yang berorientasi pada kehidupan sehari-hari. Dinas Pendidikan Kota Batu sendiri melaksanakan program Keaksaraan Fungsional untuk memberantas masyarakat yang buta huruf khususnya masyarakat di Kota Batu, karena Kota Batu masih mempunyai permasalahan masyarakat buta huruf. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi dan wawancara. Data primer diperoleh dari hasil wawancara. Sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen. Lokasi Penelitian ini di Dinas Pendidikan Kota Batu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi program Keaksaraan Fungsional di Dinas Pendidikan Kota Batu sudah berjalan baik. Antusias masyarakat untuk mengikuti program ini sangat tinggi. Keberhasilan pelaksanaan program Keaksaraan Fungsional di Kota Batu ditandai dengan adanya keterampilan yang diperoleh masyarakat untuk dijadikan sumber penghasilan. Hambatan yang dialami dalam pelaksanaan program ini adalah kurangnya rasa percaya diri dari sebagaian masyarakat khususnya laki-laki karena malu mengakui bahwa mereka buta huruf. Organisasi pelaksana program Keaksaraan Fungsional di Kota Batu adalah Dinas Pendidikan Kota Batu khususnya bidang Pendidikan Non Formal sebagai penanggung jawab. Adapun saran yang diberikan oleh peneliti adalah Meningkatkan kesadaran Masyarakat akan pentingnya Pendidikan khususnya kepada masyarakat buta huruf, Dinas Pendidikan sebaiknya mengajarkan keterampilan lebih banyak lagi dan meningkatkan peran dan usaha dari organisasi pelaksana yaitu Dinas Pendidikan Kota Batu.

English Abstract

The Functional Literacy Program is a program which aimed at the people who are still illiterate. The aim of this program is to develop the ability of learning in mastering and using writing, reading, counting, thinking, observing, listening and speaking Bahasa Indonesia that are oriented on a basis daily life. The Education Office of Batu city itself is implementing a functional literacy program to eradicate illiterate people because Batu City still has a problem regarding illiterate people. This research uses a descriptive method with a qualitative approach. Data collection techniques that used in this study are documentation, observation, and interviews. Primary data was obtained from intervews. While secondary data was obtained from existing documents. The location of this research was at the Education Office of Batu City. The result of this study indicating that the implementation of functional literacy program at the Education Office of Batu city has been going well. The enthusiasm of the community to join this program is very high. The success of this program in Batu city was marked by the skills acquired by the community as a source of income. The obstacle experience in the implementation of the program was the lack of self-confidence of some people especially men, because of the embarrasment of admitting that they were illiterate. The implementing organization of functional literacy programs in Batu City is the Education Office of Batu City, especially in the field of Non Formal education as the person in charge. The advice given by researchers is to increase public awareness of the importance of education especially for illiterate communities. The Education Office should teach more skills and increase the role and effort of the implementing organization namely Education Office of Batu City.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/375/051906371
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pemberdayaan, Masyarakat Buta Huruf-Implementation, empowerment, Illiterate People
Subjects: 300 Social sciences > 353 Specific fields of public administration > 353.8 Public administration of agencies supporting and controlling education
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 02 Nov 2020 14:29
Last Modified: 21 Oct 2021 06:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172245
[thumbnail of Antonius Pappang.pdf] Text
Antonius Pappang.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item