Pengaruh Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk terhadap Kepuasan Pengunjung (Survei Online pada Pengunjung Museum Angkut Kota Batu)

Tarigan, Audrey Lavy Nailean (2019) Pengaruh Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk terhadap Kepuasan Pengunjung (Survei Online pada Pengunjung Museum Angkut Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui dan menjelaskan pengaruh Variabel Fasilitas Wisata secara Parsial terhadap Kepuasan Pengunjung; 2) Mengetahui dan menjelaskan pengaruh Variabel Harga Tiket Masuk secara Parsial terhadap Kepuasan Pengunjung; 3) dan Mengetahui dan menjelaskan pengaruh Variabel-Variabel Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk secara Simultan terhadap Kepuasan Pengunjung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Fasilitas Wisata (X1), Harga Tiket Masuk (X2), dan Kepuasan Pengunjung (Y). Pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara online pada pengunjung yang pernah mengunjungi Museum Angkut dengan teknik purposive sampling, dengan karakteristik yang sudah ditentukan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 118 responden. Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian yaitu dengan Skala Likert. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Data dalam penelitian ini diolah dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic 20 for Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa Variabel Fasilitas Wisata (X1) dan Harga Tiket Masuk (X2) masing-masing berpengaruh signifikan secara Parsial terhadap Kepuasan Pengunjung (Y). Kemudian Variabel Fasilitas Wisata (X1) dan Harga Tiket Masuk (X2) berpengaruh signifikan secara Simultan terhadap Kepuasan Pengunjung (Y). Variabel Harga Tiket Masuk (X2) memiliki pengaruh yang paling kuat dibandingkan variabel lainnya. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan saran kepada pengelola Museum Angkut Kota Batu untuk mempertahankan, merawat, dan meningkatkan fasilitas wisata, serta memberikan diskon/potongan harga tiket masuk. Penelitian ini juga diharapkan dapat dikembangkan oleh penelitian sejenis berikutnya dengan mempertimbangkan variabel lain seperti daya tarik wisata.

English Abstract

This study aims to: 1) Knowing and explaining the influence of Tourism Facilities Variable Partially on Visitor Satisfaction; 2) Knowing and explaining the influence of the Entrance Ticket Prices Variable Partially on Visitor Satisfaction; 3) and Know and explaining the influence of Tourism Facilities and Entrance Ticket Prices Variables Simultaneously on Visitor Satisfaction. This study uses explanatory research using quantitative approach. The variables used in this study were Tourism Facilities (X1), Entrance Ticket Prices (X2), and Visitor Satisfaction (Y). Data collection was obtained through interviews conducted with visitors who had visited Museum Angkut with a purposive sampling technique, with characteristics that had been determined. The sample used in this study was 118 respondents. The rating scale used in the research is the Likert Scale. Analysis of the data used is descriptive analysis and multiple linear regression analysis. The data in this study were processed with the help of the IBM SPSS Statistics 20 application for Windows. The results showed that the Tourism Facilities Variable (X1) and Entrance Ticket Prices (X2) each had a significant effect partially on Visitor Satisfaction (Y). Then the Tourism Facilities Variable (X1) and Entrance Ticket Prices (X2) have a simultaneous significant effect on Visitor Satisfaction (Y). The variable Entrance Ticket Prices (X2) has the strongest influence compared to other variables. This research is expected to be used as a suggestion to the manager of the Museum Angkut Batu to maintain, take care of, and improve tourist facilities, as well as provide discounts on entrance tickets. This research is also expected to be developed by the next kind of research by considering other variables such as tourist attraction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/350/051906360
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Wisata, Harga Tiket Masuk, Kepuasan Pengunjung-Tourism Facilities, Entrance Ticket Prices, Visitor Satisfaction
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 06 Nov 2020 17:22
Last Modified: 21 Oct 2021 06:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172240
[thumbnail of Audrey Lavy Nailean Tarigan.pdf]
Preview
Text
Audrey Lavy Nailean Tarigan.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item