Efektivitas Pelayanan Satu Pintu Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi pada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Nganjuk)

Maulida, Roziana Ayu (2019) Efektivitas Pelayanan Satu Pintu Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi pada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Nganjuk). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan publik yang diberikan pemerintah seperti PTSP diharapkan dapat berjalan efektif sehingga masyarakat dapat langsung mendapat dampaknya. Secara umum konsep efektivitas merupakan konsep untuk mengukur produktivitas, menunjukkan sampai seberapa jauh tercapainya suatu tujuan yang terlebih dahulu ditentukan. Pelayanan ini ditujukan untuk memberikan kepuasan kepada masyarakat dengan sistem Online Single Submission (OSS). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh efektivitas layanan terhadap kepuasan masyarakat dan seberapa besar pengaruh efektivitas layanan terhadap kepuasan masyarakat. Penelitian ini menggunakan model kuantitatif dengan metode pengumpulan data dan uji regresi linier sederhana untuk menguji efektivitas pelayanan satu pintu dan kepuasan masyarakat. Total responden adalah 24 responden sebagai pengguna pelayanan publik PTSP baik secara offline maupun online di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Nganjuk. Uji instrumen penelitian terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data menggunakan statistik deksriptif dengan menguji variabel efektivitas pelayanan dan kepuasan masyarakat. Temuan menunjukkan bahwa efektivitas pelayanan Satu Pintu di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Nganjuk relatif tinggi atau baik. Berdasarkan uji regresi linier dan uji instrumen efektivitas memiliki pengaruh besar terhadap tingkat kepuasan masyarakat. Penelitian ini megharapkan agar DPMPTSP memberikan sosialisasi terkait Online Sinlge Submission (OSS) secara rutin 3 bulan sekali.

English Abstract

Public services provided by the government such as PTSP are expected to run effectively so that the community can immediately get an impact. In general, the concept of effectiveness is a concept to measure productivity, showing how far a goal has been achieved in advance. This service is intended to provide satisfaction to the community with the Online Single Submission (OSS) system. This research purposes was to analyze the effect of service effectiveness on community satisfication and how much effect of service effectiveness on community satisfication. This study uses a quantitative model with data collection methods and simple linear regression tests to test the effectiveness of one-door service and community satisfaction. The total respondents were 24 respondents as users of PTSP public services both offline and online at the Nganjuk Regency Investment and Integrated One-Stop Service. The research instrument test consisted of validity and reliability tests. Data analysis using descriptive statistics by testing the variable effectiveness of service and community satisfaction. The findings show that the effectiveness of the One Stop service in the Nganjuk Regency Investment and Integrated One-Stop Service is relatively good or good. Based on linear regression test and effectiveness test instrument has a big effect on the level of community satisfaction. This research recommend that DPMPTSP will provide regular socialization regarding Online Sinlge Submission (OSS) every 3 months.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/326/051906358
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pelayanan, Online Single Submission (OSS), Kepuasan Masyarakat-Service Effectiveness, Online Single Submission (OSS), Community Satisfaction.
Subjects: 300 Social sciences > 354 Public administration of economy and environment
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 04 Nov 2020 14:17
Last Modified: 21 Oct 2021 06:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172224
[thumbnail of Roziana Ayu Maulida.pdf]
Preview
Text
Roziana Ayu Maulida.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item