Asnawi, Abd. Rohim (2019) Pengaruh Pendidikan Terhadap Persentase Penduduk Miskin Di Indonesia Tahun 2011-2017 (Studi Pada 33 Provinsi Di Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Investasi dalam pendidikan penting untuk mencapai pengembangan, daya saing dan pertumbuhan. Investasi pendidikan secara individu selalu menghasilkan manfaat sosial dan ekonomi. Hubungan ekonomi pendidikan dan kemiskinan secara lebih rinci dijelaskan dalam teori lingkaran setan kemiskinan. Pendidikan dan kemiskinan telah menjadi isu pembangunan internasional yang dikenal dengan Sustainable Development Goals (SDGs). Indikator pembangunan pendidikan dalam Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia dikenal sebagai Angka Partisipasi Sekolah (APS), Angka Partisipasi Kasar (APK), Angka Partisipasi Murni (APM), Harapan Lama Sekolah (HLS), Rata-rata Lama Sekolah (RLS), Angka Melek Huruf (AMH) dan Angka Buta Huruf (ABH) sedangkan kemiskinan secara umum digambarkan dengan Persentase Penduduk Miskin (PPM). Jenis penelitian yang digunakan adalah Ekspanatori dengan pendekatan kuantitatif. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Pendidikan yang digambarkan dengan Angka Partisipasi Sekolah (APS), Angka Partisipasi Murni (APM), Angka Partisipasi Kasar (APK), Harapan Lama Sekolah (HLS), Rata-rata Lama Sekolah (RLS) dan Angka Melek Huruf (AMH) pada Tahun 2011-2017. Data dalam penelitian ini adalah data sekunder yang dipublikasikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada 33 provinsi di Indonesia. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Regresi Linier Berganda dengan tiga jenis model pengujian yang berbeda berdasarkan tingkatan pada Angka Partisipasi Sekolah (APS), Angka Partisipasi Murni (APM) dan Angka Partisipasi Kasar (APK). Penelitian ini menggunakan 3 jenis model pengujian yaitu Model 1 menguji APS 7-12, APK SD/MI/Paket A, APM SD/MI/Paket A, HLS, RLS dan AMH terhadap PPM. Model 2 menguji APS 13-15, APK SMP/Mts/Paket B, APM SMP/Mts/Paket B, HLS, RLS dan AMH terhadap PPM. Model 3 menguji APS 16-18, APK SMA/SMK/MA/Paket C, APM SMA/SMK/MA/Paket C, HLS, RLS dan AMH terhadap PPM. Berdasarkan pengujian menunjukkan hasil bahwa APS 7-12 tahun berpengaruh negatif sebesar sebesar -0,668. APS 13-15 tahun menunjukkan hasil tidak berpengaruh karena tidak signifikan pada 0,05. APS 16-18 tahun berpengaruh positif sebesar 0,087. APM SD/MI/Paket A berpengaruh negatif sebesar -1,126. APM SMP/Mts/Paket B berpengaruh negatif sebesar -2,742. APM SMA/SMK/MA/Paket C tidak berpengaruh karena tidak signifikan pada 0,05. APK SD/MI/Paket A berpengaruh positif sebesar 0,380. APK SMP/Mts/Paket B berpengaruh positif 2,871. APK SMA/SMK/MA/Paket C berpengaruh positif sebesar 0,106. HLS pada Model Pertama berpengaruh positif sebesar 4,422, Model Kedua positif sebesar 4,030, Model Ketiga berpengaruh positif sebesar 0,153. RLS pada Model Pertama berpengaruh negatif sebesar -3,514, Model Kedua berpengaruh negatif sebesar -2,382, Model Ketiga berpnegaruh negatif sebesar -2,645. AMH pada Model Pertama tidak berpengaruh karena tidak signifikan pada 0,05 yaitu dengan nilai 0,062, Model Kedua berpengaruh negatif sebesar -1,255, Model Ketiga berpengaruh negatif sebesar -0,468. Berdasarkan pengujian variabel pendidikan yang diuji secara simultan menunjukkan bahwa Angka Partisipasi Sekolah (APS), Angka Partisipasi Murni (APM), Angka Partisipasi Kasar (APK), Harapan Lama Sekolah (HLS), Rata-rata Lama Sekolah (RLS) dan Angka Melek Huruf (AMH) mampu mempengaruhi Persentase Penduduk Miskin. Akan tetapi semakin tinggi tingkat pendidikan maka semakin kecil pengaruhnya terhadap kemiskinan. Hal ini didasarkan pada pengujian ketiga model pada variabel pendidikan yang menggambarkan tingkatan pendidikan. Model pertama menggambarkan tingkat pendidikan dasar (SD Sederajat), model kedua menggambarkan tingkat pendidikan menengah (SMP Sederajat) dan model ketiga menggambarkan tingkat pendidikan atas (SMA Sederajat).
English Abstract
Investment in education is important to achieve development, competitiveness, and growth. Investment in individual education always results in social and economic benefits. The relationship between the education economy and poverty in more detail is explained in the theory of the vicious cycle of poverty. Education and poverty have become international development issues, known as the Sustainable Development Goals (SDGs). The indicators of education development in the Sustainable Development Goals (SDGs) in Indonesia are known as the School Participation Rate (APS), Rough Participation Rate (APK), Pure Participation Rate (APM), Old School Expectation (HLS), Average School Duration (RLS) , Literacy Rate (AMH) and Illiteracy Rate (ABH) while poverty is generally described by the Percentage of Poor Population (PPM). The type of research used is Ekspanatori with a quantitative approach. The purpose of this study was to determine the effect of education as illustrated by the School Participation Rate (APS), Pure Participation Rate (APM), Rough Participation Rate (APK), School Duration Expectation (HLS), School Length (RLS) and Literacy Rate Letter (AMH) in 2011-2017. The data in this study are secondary data published by the Central Statistics Agency (BPS) in 33 provinces in Indonesia. This study uses Multiple Linear Regression analysis techniques with three different types of testing models based on the level of School Participation Rate (APS), Pure Participation Rate (APM) and Gross Participation Rate (APK). This study uses 3 types of testing models, namely Model 1 tests APS 7-12, APK SD / MI / Package A, APM SD / MI / Package A, HLS, RLS and AMH against PPM. Model 2 tests 13-15 APS, APK SMP / Mts / Package B, APM SMP / Mts / Package B, HLS, RLS and AMH against PPM. Model 3 tests APS 16-18, APK for SMA / SMK / MA / Package C, APM for SMA / SMK / MA / Package C, HLS, RLS and AMH against PPM. Based on the testing, the results show that the APS 7-12 years has a negative effect of -0.668. APS 13-15 years showed no effect because it was not significant at 0.05. The 16-18 year APS has a positive effect of 0.087. APM SD / MI / Package A had a negative effect of -1.126. The APM for SMP / Mts / Package B had a negative effect of -2,742. APM SMA / SMK / MA / Package C has no effect because it is not significant at 0.05. APK SD / MI / Package A has a positive effect of 0.380. APK for SMP / Mts / Package B has a positive effect on 2.871. The APK of SMA / SMK / MA / Package C has a positive effect of 0.106. HLS in the First Model has a positive effect of 4.422, the second Model is positive at 4.030, the Third Model has a positive effect of 0.153. RLS in the First Model negatively affects -3.514, the Second Model has a negative effect of -2.382, the Third Model has a negative effect of -2.645. AMH in the First Model has no effect because it is not significant at 0.05 which is 0.062, the Second Model has a negative effect of -1.255, the Third Model has a negative effect of -0.468. Based on the testing of educational variables tested simultaneously showed that the School Participation Rate (APS), Pure Participation Rate (APM), Rough Participation Rate (APK), School Duration Expectation (HLS), School Length (RLS) and Literacy Rate (AMH) can influence the percentage of poor people. But the higher the level of education, the smaller the effect on poverty. This is based on testing the three models on educational variables that describe the level of education. The first model describes the level of basic education (elementary school equivalent), the second model describes the level of secondary education (junior high school equivalent) and the third model describes the level of education (high school equivalent).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2019/376/051906372 |
Uncontrolled Keywords: | - |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 05 Oct 2020 01:15 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 06:46 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172221 |
![]() |
Text
Abd. Rohim Asnawi.pdf Download (7MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |