Pembangunan Infrastuktur Dan Sumber Daya Manusia Pada Pendidikan Dasar Di Indonesia Tahun 2015-2018

Putri, Kartika Aprilyani (2019) Pembangunan Infrastuktur Dan Sumber Daya Manusia Pada Pendidikan Dasar Di Indonesia Tahun 2015-2018. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia pada pendidikan dasar di Indonesia. Pendidikan dasar tidak dapat terlaksana apabila tidak didukung dengan infrastruktur dan sumber daya manusia yang memadai. Telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 24 Tahun 2007 dan Undang-Undang No 20 Tahun 2003 mengenai ketentuan infrastruktur dan sumber daya manusia pada pendidikan dasar di Indonesia. Berdasarkan latar belakang tersebut tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pencapaian pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia pada pendidikan dasar di Indonesia tahun 2015-2018. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode statistik deskriptif. Indikator dalam penelitian ini adalah infrastruktur pada pendidikan dasar dan sumber daya manusia pada pendidikan dasar. Populasi pada penelitian ini adalah SD/MI dan SMP/MTs yang terdapat pada 514 Kabupaten/Kota yang terdapat di Indonesia. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang didapat dari website data pokok pendidikan dasar dan menengah kementrian pendidikan dan kebudayaan dengan link http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah dokumentasi. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif (Mean dan Rasio). Hasil penelitian menunjukkan sudah terdapat peningkatan pada pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia pada pendidikan dasar di Indonesia tahun 2015-2018. Namun masih ditemukan ketimpangan terutama pada daerah-daerah tertinggal seperti Pulau Maluku dan Pulau Papua. Hasil penelitian ini menyarankan kepada pemerintah perlu memperhatikan daerah-daerah tertinggal dan melakukan pembangunan-pembangunan infrastruktur agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan secara efektif. Pemerintah juga perlu melakukan peningkatan jumlah sumber daya manusia pada pendidikan dasar serta melakukan persebaran yang merata agar seluruh wilayah Indonesia dapat berkembang

English Abstract

The infrastructure development and human resources on basic education in Indonesia are very important. The infrastructure and adequate human resources are supporting the basic education. The provision of infrastructure and human resources on basic education in Indonesia has been set in the Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 24 Year 2007 and Undang-Undang No 20 Year 2003. The purpose of this research is to determine and analyze the development of infrastructure and human resources in basic education in Indonesia from year of 2015-2018. This research is quantitative research and used descriptive statistics methods. the basic education infrastructure and human resources in basic education are the indicators in this study. The SD/MI (elementary school) and SMP/MTs (junior high school) in 514 Counties/cities in Indonesia are the population in this research. This study used secondary data obtained from website data pokok pendidikan dasar dan menengah kementrian pendidikan dan kebudayaan with the link of http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/. Documentation technique is used for data collection in this research. The data analyzed with descriptive statistics (mean and rasio). The results of this study showed there is enhancement in infrastructure development and human resources on basic education in Indonesia in the year of 2015-2018. There is imbalances found especially in lagging areas such as Maluku Island and Papua Island. This research suggested the Government to pay more attention to the areas that left behind and the infrastructure development in order to make teaching and learning activities function effectively. All of Indonesia regions can thrived if the government improve the human resources amount on basic education and equitable distribution.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/111/051906058
Uncontrolled Keywords: Pembangunan infrastruktur, Pembangunan sumber daya manusia, Pendidikan dasar, Basic education, Human resources, Infrastructure development.
Subjects: 300 Social sciences > 353 Specific fields of public administration > 353.8 Public administration of agencies supporting and controlling education
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 02 Nov 2020 14:59
Last Modified: 28 Oct 2021 03:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172217
[thumbnail of Kartika Aprilyani Putri 155030101111123 (2).pdf]
Preview
Text
Kartika Aprilyani Putri 155030101111123 (2).pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item