Implementasi Penyusunan Anggaran Badan Layanan Umum dari Persepktif Good Governance (Studi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya)

Munir, Saiful (2016) Implementasi Penyusunan Anggaran Badan Layanan Umum dari Persepktif Good Governance (Studi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dewasa ini status perguruan tinggi negeri status Badan Layanan Umum merupakan status yang paling tinggi, khususnya bidang keuangannya dengan menerapkan Pola Keuangan Badan Layanan Umum diharakan semua perguruan tinggi negeri akan memberikan pelayanan cepat dan baik kepada masyarakat. Karena dalam Badan Layanan Umum semua pendapatan bisa langsung digunakan tanpa harus menyetor ke kas negara Dengan perputaran uang yang sebelumnya harus disetor ke kas negara, dalam penggunaannya akan memakan waktu yang lama. Diharapkan pendapatan yang langsung dapat digunakan ini maka pelayanan akan cepat terlaksana. Perjuangan untuk mendapatkan status badan Iayanan umum ini tidak mudah, karena lembaga/instansi pemerintah tersebut harus memenuhi 3 syarat, balk syarat sub stantif, syarat teknis maupun syarat administrasi. Ketiga syarat tersebut yang paling pokok adalah syarat pengelolaan keuangan yang sehat. Oleh karena itu penelitian sangat tertarik dengan proses penyusunan anggaran. karena dalam penyusunan anggaran merupakan unsur pokok dalam syarat instansi atau lembaga tersebut bisa di setujui untuk menjadi Badan Layanan Umum. Dalam penelitian ini peneliti berkeinginan untuk mengetahui bagaimana proses penyusunan anggaran pada Lembaga yang menerapkan Pola Keuangan Badan Layanan Umum. Fakultas Ekonomi dan Bisnis sama dengan induknya sudah memberlakukan Pola Keuangan Badan Iayanan Umum sejak tahun 2008. Demikian juga Fakultas Ekonomi dan Bisnis merupakan salah satu Fakultas besar yang ada di Universitas Brawijaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus untuk memperoleh kedalamam informasi tentang penyusunan anggaran Badan Layanan Umum dari Perspektif Good Governance (studi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UB). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisa interaktif Miles, Huberman, dan Saldana (2014). Penelitian ini diharapan mampu memaknai tentang penyusunan anggaran Badan Layanan Umum dari perspektif good governance. Berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi yang dilakukan di lingkungan FEB UB, maka pemahaman dalam proses penyusunan anggaran terdapat dua sistem, yaitu sistem top down dan button up. Untuk sistem top down penyusunan di mulai dari kebijakan senat dan pimpinan Fakultas dilanjutkan ke penyusunan bagian bawahnya yaitu Lembaga Organisasi Mahasiswa, Jurusan, dan sub-bagian sub-bagian yang ada di lingkungan FEB Ub. Sebaliknya sistem buttom up di mulai dari Lembaga Organisasi Mahasiswa, Jurusan, Sub bagian sub bagian kemudian menjadi Anggaran Fakultas. Kedua sistem tersebut berjalan beriringan satu sama lainnya, sehingga apa yang terjadi pada Anggaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis merupakan gabungan dari sistem tersebut.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.154/MUN/2016/i/041901105
Uncontrolled Keywords: BUDGETING
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.1 Organization and financial management > 658.15 Financial management > 658.154 Budgeting
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 02 Sep 2019 06:00
Last Modified: 02 Sep 2019 06:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172195
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item