Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Dalam Mandatory Environment: Penggunaan e-Billing (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Malang Selatan)

Elminingtias, Karina (2019) Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Dalam Mandatory Environment: Penggunaan e-Billing (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Malang Selatan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia mulai mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pemerintahan bernama e- Government. Instansi pemerintahan yang mulai mengembangkan e-Government adalah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) melalui reformasi perpajakan. Salah satu pilar penting dalam modernisasi pajak adalah perbaikan proses bisnis. Perbaikan proses bisnis dilaksanakan dengan dibukanya fasilitas e-filling, e-payment, dan eregisration. DJP melakukan perluasan fungsional situs DJP dengan menambah fitur e-Billing. e-Billing adalah pembayaran pajak atau penyetoran pajak yang dilakukan melalui sistem elektronik. e-Billing telah diterapkan sepenuhnya mulai 1 Juli 2016 sehingga masuk dalam lingkungan yang diwajibkan (Mandatory Environment). Mandatory environment berarti pengguna tidak memiliki kebebasan karena dipaksa oleh organisasi untuk menggunakan sistem informasi. Pada organisasi yang sudah menerapkan sistem dengan wajib maka untuk menentukan kesuksesan dalam penggunaan sistem yaitu dengan kepuasan pengguna. Technology Acceptance Model (TAM) merupakan alat yang dapat digunakan untuk meramalkan kepuasan. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui Kepuasaan pengguna sistem informasi dalam (Mandatory Environment) pada penggunaan e-Billing melalui pengaruh persepsi kemudahaan, persepsi kegunaan, dan keyakinan diri dalam penggunaan komputer.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Objek penelitian ini adalah Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Malang Selatan. Data yang digunakan adalah data primer dengan menggunakan kuisioner. Penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan sampel sebanyak 100 wajib pajak melalui metode simple random sampling. Hasil dari penelitian ini adalah variabel persepsi kemudahaan, persepsi kegunaan, dan keyakinan diri dalam penggunaan komputer berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wajib pajak dalam menggunakan e-Billing. Serta dari hasil analisis regresi linier berganda diperoleh variabel bebas mempunyai pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap kepuasan wajib pajak dalam penggunaan e- Billing.

English Abstract

Indonesia began to develop information and communication technology. The use of information and communication technology in government is called e- Government. Government agencies that have begun to develop e-Government are the Directorate General of Taxes (DGT) through tax reform. One of the important pillars in modernizing taxes is improving business processes. Business process improvements were carried out with the opening of e-filling facilities, e-payment, and e-regisration. DGT functionally expanded the DGT site by adding e-Billing features. e-Billing is the payment of taxes or deposits of taxes made through electronic systems. e-Billing has been fully implemented from 1 July 2016 so that it is included in the mandatory environment. Mandatory environment means that users do not have freedom because they are forced by organizations to use information systems. Technology Acceptance Model (TAM) is a tool that can be used to predict satisfaction. This research was used to determine the satisfaction of users of information systems in the Mandatory Environment on the use of e-Billing through the influence of perceptions of ease, perceived usefulness, and computer self-efficacy. This research use explanatory research with quantitative approach. The object of this research is individual tax payer in tax service office of Pratama Malang Selatan. The data used is primary data by using questionnaires. This research use double regression analysis test that involved 100 individual tax payer using simple random sampling. The results of this study are the ease of perception , perceived usefulness, and computer self-efficacy use have a significant effect on taxpayer satisfaction in using e-Billing. the results of multiple linear regression analysis, the independent variables have a simultaneous significant effect on taxpayer satisfaction in the use of e-Billing

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/370/051906379
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.3 Executive management > 352.38 Information management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:28
Last Modified: 21 Oct 2021 06:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172163
[thumbnail of Karina Elminingtias.pdf]
Preview
Text
Karina Elminingtias.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item