Analisis Kebutuhan Informasi Mahasiswaa Program Pendidikan Bahasa Asing di Perguruan Tinggi Negeri (Studi Pada Mahasiswa Program Sarjana Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Malang)

Putranti, Agatha Inge Eka (2019) Analisis Kebutuhan Informasi Mahasiswaa Program Pendidikan Bahasa Asing di Perguruan Tinggi Negeri (Studi Pada Mahasiswa Program Sarjana Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perguruan tinggi saat ini menyediakan berbagai program studi bahasa asing. Bahasa Jerman merupakan salah satu bahasa asing yang dipelajari mahasiswa di Indonesia. Universitas Negeri Malang (UM) merupakan satu-satunya universitas negeri di Kota Malang yang membuka program studi Bahasa Jerman. Jumlah peminat Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman UM telah mengalami peningkatan dari tahun 2013-2017. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman menjalani kegiatan perkuliahan yang menimbulkan kebutuhan informasi. Kebutuhan informasi mereka penting untuk diperhatikan sebab informasi tersebut merupakan bekal mereka sebagai pengajar, pendidik, penerjemah, dan bekerja disektor pariwisata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis, dan mendeskripsikan kebutuhan informasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman, serta faktor pendukung dan penghambat yang dialaminya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 116 sampel. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman menggunakan informasi tercetak (55%), terutama buku, serta informasi elektronik (50%) yang bersumber dari jurnal yang dilanggan Perpustakaan UM, situs berbahasa Jerman, kamus online, jurnal universitas lain, dan lembaga perpustakaan. Hasil juga menunjukan bahwa tingkat penggunan informasi berupa teks, gambar, video, dan audio dapat dikatakan tinggi dengan persentase masing-masing, 60%, 50%, 55%, dan 39%. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman memilki kesadaran informasi yang tinggi (52%) dan waktu luang yang cukup (45%). Penelitian juga menemukan bahwa tingkat ketersediaan OPAC di Perpustakaan UM rendah yang ditunjukan dengan persentase sebesar 29% sehingga perlu ditingkatkan. Perpustakaan UM perlu memperkini koleksi khususnya koleksi buku yang sangat sering digunakan oleh mahasiswa Program Studi Pendidika Bahasa Jerman. Kemudian, Perogram Studi Pendidikan Bahasa Jerman UM perlu memberikan sosialisasi tentang pencarian informasi secara efektif kepada mahasiswa sehingga mahasiswa dapat menemukan informasi yang dibutuhkan ataupun alternatifnya.

English Abstract

The college currently provides various foreign language study programs. German is one of the foreign languages that students learn in Indonesia. State University of Malang (UM) is the only public university in Malang City that opens a German language education program. The number of applicants for the UM German Language Education Program has increased from 2013-2017. The student of German Language Education Program undergo lecture activities that give rise to information needs. Their information needs are important to note because this information is their provision as a teacher, educator, translator, and work in the tourism sector. The purpose of this study was to find out, analyze, and describe the information needs of student of German Language Education Program students, as well as the supporting and inhibiting factors they experienced. The research method used is descriptive with a quantitative approach. Data collection techniques were carried out by distributing questionnaires to 116 samples. Data analysis using descriptive statistics. The results showed that student of German Language Education Program used printed information (55%), especially books, and electronic information (50%) originating from journals subscribed to the UM Library, German-language sites, online dictionaries, other university journals, and institutions. library. The results also show that the level of use of information in the form of text, images, videos, and audio can be said to be high with a percentage of 60%, 50%, 55%, and 39%. German Language Study Program students have high information awareness (52%) and sufficient free time (45%). The study also found that the level of availability of OPAC in the UM Library was low as indicated by a percentage of 29% so it needed to be improved. The UM Library needs to supplement the collection, especially the collection of books that are very often used by students of the German Language Education Study Program. Then, the German Language Education Program UM needs to provide information about effective information seeking to students so that students can find the information needed at that time.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/292/051906309
Uncontrolled Keywords: Kebutuhan Informasi, Bahasa Jerman, Perilaku Informasi, Mahasiswa-Information Needs, German Language, Information Behavior, Student
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.3 Executive management > 352.38 Information management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 30 Jul 2020 06:52
Last Modified: 21 Oct 2021 07:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172159
[thumbnail of Agatha Inge Eka Putranti.pdf]
Preview
Text
Agatha Inge Eka Putranti.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item