Implementasi Kebijakan Pemungutan Pajak Hotel Atas Rumah Kos Berdasar Asas-Asas Pemungutan Pajak (Studi Pada Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang)

Anjarsari, Nanda Ratna (2019) Implementasi Kebijakan Pemungutan Pajak Hotel Atas Rumah Kos Berdasar Asas-Asas Pemungutan Pajak (Studi Pada Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya ketentuan yang menyebutkan bahwa salah satu objek pajak hotel adalah rumah kos dengan jumlah kamar minimal 10 (sepuluh) kamar yang didasari oleh Peraturan Daerah Nomor 16 Tahun 2010 yang kemudian diubah menjadi Peraturan Daerah Nomor 2 tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 16 Tahun 2010 Tentang Pajak Daerah. Kontroversi timbul karena beberapa pihak merasa bahwa pemungutan pajak berdasarkan batasan jumlah kamar yang ada dalam Peraturan adalah kurang adil. Selain itu, penelitian terdahulu juga menyebutkan bahwa komunikasi yang terjalin antara implementor dan sasaran masih belum baik sehingga pemungutan pajak masih belum efisien. Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis, dan mendeskripsikan implementasi pemungutan pajak hotel atas rumah kos ditinjau dari aspek implementasi dan asas-asas pemungutan pajak, serta faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi pemungutan pajak hotel atas rumah kos di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik dokumentasi, dan wawancara sebagai alat pengumpulan data yang dilakukan kepada pihak-pihak yang berhubungan dengan implementasi pemungutan pajak hotel atas rumah kos di Kota Malang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu analisis data penelitian kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berkaitan dengan implementasi pemungutan pajak hotel kategori rumah kos di Kota Malang apabila dilihat dari aspek-aspek implementasi sudah memenuhi keempat aspek. Selanjutnya dilihat dari asas-asas pemungutan pajak, implementasi pemungutan pajak hotel atas rumah kos di Kota Malang masih belum memenuhi asas equality dan equity, serta belum memenuhi asas certainty. Sedangkan faktor yang mempengaruhi implementasi pemungutan pajak hotel atas rumah kos di Kota Malang dapat berasal dari internal maupun ekstemal. Adapun saran yang dapat diberikan dari penelitian ini yaitu utamanya adalah perlu diadakan pengkajian ulang terhadap kebijakan pemungutan pajak hotel atas rumah kos di Kota Malang, Pemerintah membantu merubah pandangan negatif terhadap pembayaran pajak, meningkatkan sikap tegas dari para pegawai BP2D.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/192/051906148
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pajak Daerah, Pajak Hotel atas Rumah Kos, Asas pemungutan pajak, Kota Malang
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes > 336.27 Other taxes > 336.278 Taxes on products, services, industries > 336.278 910 46 Taxes on products, services, industries (Facilities for travelers)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 30 Jul 2020 06:48
Last Modified: 11 Feb 2021 07:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172124
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item