Kualitas Pengungkapan dan Praktik Pelaporan Corporate Social Responsibility di Indonesia (Studi Empiris pada Perusahaan Terdaftar BEI)

Anugerah, Eza Gusti (2018) Kualitas Pengungkapan dan Praktik Pelaporan Corporate Social Responsibility di Indonesia (Studi Empiris pada Perusahaan Terdaftar BEI). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji praktik pelaporan corporate social responsibility (CSR) dan pengaruhnya terhadap kualitas pengungkapan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan 103 sampel dari perusahaan lintas industri (kecuali perusahaan sumber daya alam) yang terdaftar di BEi dari tahun 2014 sampai 2016. Penelitian ini menunjukkan bahwa praktik pelaporan CSR yang bersifat sukarela di Indonesia tidak meningkatkan kualitas pengungkapan. Perusahaan cenderung menambahkan informasi yang tidak relevan dengan CSR di dalam laporan CSR-nya, yang mengakibatkan turunnya kualitas pengungkapan. Praktik tersebut cenderung digunakan sebagai tindakan simbolis untuk memenuhi legitimasi perusahaan. Pendekatan simbolis memiliki makna bahwa perusahaan mengungkapkan informasi CSR secara sukarela hanya sebatas menginginkan citra dan kesan positif dari pemangku kepentingan.

English Abstract

This study aims to analyze the corporate social responsibility (CSR) reporting practices and its effects on quality of disclosure in Indonesia. This study uses 103 companies across industries (except for natural resource companies) listed on IDX from 2014 to 2016. This study finds that the voluntary practice of stand-alone report, assurance, and reporting guideline in Indonesia does not enhance the quality of disclosure. Companies tend to add unneccesary information in their CSR reports, resulting in a decrease in disclosure quality. These practices are used as a symbolic action to fulfill the legitimacy of the company. This symbolic approach has the meaning that the companies which voluntarily disclose their CSR information, merely aiming a positive impression from their stakeholders.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/174.4/ANU/k/2018/041809888
Uncontrolled Keywords: CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY
Subjects: 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 174 Occupational ethics > 174.4 Business ethics
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Aug 2019 04:10
Last Modified: 28 Aug 2019 04:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172088
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item