Pemberdayaan usaha mikro melalui Program Perluasan Jangkauan Pemasaran (Studi pada Dinas Perdagangan Kota Surabaya)

Pratama, Yogi Wahyu (2019) Pemberdayaan usaha mikro melalui Program Perluasan Jangkauan Pemasaran (Studi pada Dinas Perdagangan Kota Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemberdayaan ialah upaya menyalurkan kekuatan, kekuasaan, dan kemampuan dari pihak yang memberdayakan kepada pihak yang diberdayakan. Pemerintah Kota Surabaya memalui Dinas Perdagangan Kota Surabaya saat ini melaksanakan pemberdayaan usaha mikro melalui Program Perluasan Jangkauan Pemasaran. Namun program tersebut terdapat kendala dalam pelaksanaannya. Kendala tersebut ialah pelaku usaha mikro tidak bisa selalu mengikuti pendampingan keuangan dan pameran dagang yang diselenggarakan oleh Dinas Perdagangan Kota Surabaya melalui Program Perluasan Jangkauan Pemasaran. Kemudian tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis pemberdayaan usaha mikro melalui Program Perluasan Jangkauan Pemasaran oleh Dinas Perdagangan Kota Surabaya serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini difokuskan pada pemberdayaan usaha mikro melalui Program Perluasan Jangkauan Pemasaran oleh Dinas Perdagangan Kota Surabaya serta faktor pendukung dan penghambatnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi non-partisipan, wawancara semi terstruktur, dan studi dokumen. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data model interaktif menurut Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberdayaan usaha mikro melalui Program Perluasan Jangkauan Pemasaran oleh Dinas Perdagangan Kota Surabaya memiliki keunikan tersendiri. Ada beberapa aspek usaha mikro yang diberdayakan oleh Dinas Perdagangan Kota Surabaya antara lain aspek kesempatan berusaha, aspek promosi dagang, aspek sumber daya manusia, dan aspek desain & teknologi. Selain itu ada juga fakor pendukung yaitu keterlibatan dunia usaha dan mahasiswa dalam pemberdayaan usaha mikro. Sedangkan faktor penghambat dalam pemberdayaan usaha mikro melalui Program Perluasan Jangkauan Pemasaran adalah keterbatasan pekerja pada usaha mikro. Saran pertama dari penelitian ini ialah perlunya penyadaran pada pelaku usaha mikro tentang pentingnya pemberdayaan usaha mikro. Saran kedua ialah perlunya penyesuaian antara waktu kegiatan pemberdayaan usaha mikro melalui dengan waktu dimana pelaku usaha mikro tidak melakukan produksi. Saran ketiga ialah digitalisasi pemasaran pada usaha mikro.

English Abstract

Empowerment is an effort to transfer power and ability from the empowering party to empowered parties. The Surabaya City Government through the Surabaya City Trade Agency is implementing micro-enterprises empowerment through the Marketing Reach Expansion Program. But the program has inhibit in its implementation. The inhibit is the micro-enterprises can’t always participate in financial assistance and trade shows who held by the Surabaya City Trade Agency through the Marketing Reach Expansion Program. Then the purposes of this research is describing and analyzing the empowerment of micro-enterprises through the Marketing Reach Expansion Program as well as its supporting factors and inhibiting factors. This research uses descriptive research type with qualitative approach. This research is focused on empowering micro-enterprises through the Marketing Reach Expansion Program as well as supporting factors and inhibit factors. Data collection techniques used non-participant observation, semi-structured interviews, and document studies. Data analysis in this study uses interactive model data analysis according to Miles, Huberman, and Saldana. The results of this study indicate that the empowerment of micro-enterprises through the Marketing Reach Expansion Program by the Surabaya City Trade Agency has its own uniqueness. There are several aspects of micro-enterprises that empowered by the Surabaya City Trade Agency, including aspects of business opportunities, aspects of trade promotion, aspects of human resources, and aspects of design & technology. The supporting factors in empowerment of micro-enterprises through the Marketing Reach Expansion Program is involvement of the private sector and students in empowerment of micro-enterprises. While the inhibiting factor in empowering micro-enterprises through the Marketing Reach Expansion Program is the limitations of workers in micro-enterprises. Recommendations in this research are the need for awareness of micro-enterprises actors about the importance of empowering micro-enterprises and the need for adjustments between the timing of micro-enterprises empowerment activities through the time when micro-enterprises do not produce in their micro-enterprises. The final recommendation is the need to digitize marketing in micro-enterprises.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/454/051906454
Uncontrolled Keywords: Empowerment, Micro-Enterprises, Development, Marketing
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.42 Top management > 658.421 Entrepreneurial management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 31 Oct 2020 05:46
Last Modified: 31 Oct 2020 05:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172084
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item