Pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Perusahaan (Studi pada UKM di Paguyuban Amangtiwi Kota Malang)

Anastuti, Karina Utami (2018) Pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Perusahaan (Studi pada UKM di Paguyuban Amangtiwi Kota Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing dan kinerja perusahaan. Penelitian ini melihat bahwa UKM harus mampu memiliki jiwa entrepreneurship khususnya dalam hal inovasi mampu untuk menciptakan sesuatu yang baru. UKM juga harus mampu mengambil resiko dan melihat peluang pasar. Hal tersebut sangat penting karena berdampak pada keunggulan yang bersaing dengan perusahaan yang telah ada dan dampaknya pada kinerja UKM itu sendiri. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research atau penelitian penjelasan dengan menggunakan uji hipotesis dan pendekatan secara kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 148 responden yang merupakan anggota dari UKM Paguyuban Amangtiwi yang bergerak pada sektor makanan dan minuman, fashion, dan kerajinan tangan. Kuesioner digunakan dalam penelitian ini sebagai teknik pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisis path. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara antara semua variabel signifikan. Ini menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan dapat mempengaruhi untuk unggul dalam pasar dan orientasi kewirausahaan dapat meningkatkan kinerja UKM.

English Abstract

This study aims to determine the effect of entrepreneurship orientation on competitive advantage and company performance. This study sees SMEs should be able to have an entrepreneurial spirit especially in terms of innovation capable to realize something new. SMEs should be able to take risks and see market opportunities. This is very important because it effects on the advantages that compete with existing companies and their impact on the performance of SMEs themselves. The type of research used is explanatory research using hypothesis test and quantitative approach. The number of samples in this study are 148 respondents who are members of the Paguyuban Amangtiwi engaged in the food and beverage sector, fashion, and handcraft. Questionnaires are used in this study as data techniques. Data analysis techniques used are descriptive statistics and path analysis. The results of the analysis indicate a significant influence between. This suggests that entrepreneurship can generate market excellence and entrepreneurial orientation can improve SMEs performance.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/338.7/ANA/p/2018/041810318
Uncontrolled Keywords: ENTERPRISES PERFORMANCE
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.7 Business enterprises
Divisions: S2/S3 > Magister Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Aug 2019 03:13
Last Modified: 13 Nov 2023 08:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172071
[thumbnail of Karina Utami Anastuti (2).pdf] Text
Karina Utami Anastuti (2).pdf

Download (10MB)

Actions (login required)

View Item View Item