Digitalisasi Layanan Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Penerapan E-Faktur Bagi Pengusaha Kena Pajak Yang Terdaftar di KPP Pratama Jakarta Kebayoran Lama)

Sandhi, Rifqi Arya (2019) Digitalisasi Layanan Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Penerapan E-Faktur Bagi Pengusaha Kena Pajak Yang Terdaftar di KPP Pratama Jakarta Kebayoran Lama). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan E-Government oleh Direktorat Jenderal Pajak dengan membuat aplikasi E-Faktur untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah persepsi kemudahan, persepsi manfaat dan urgensi penerapan e-faktur secara simultan dan parsial berpengaruh dalam meningkatkan kepatuhan wajib pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Kebayoran Lama. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif, yaitu mendeskripsikan data berupa angka, data berupa angka tersebut diambil dari jawaban responden dalam kuesioner yang diberikan oleh peneliti yang sudah diberikan skala pengukuran yaitu skala likert, sehingga data dapat diolah lebih lanjut dengan menggunakan SPSS 21 for Windows. Variabel independen yang digunakan adalah persepsi kemudahan penggunaan e-faktur (X1), persepsi manfaat penggunaan e-faktur (X2), dan urgensi penerapan e-faktur (X3) dan variabel dependen yang digunakan adalah kepatuhan wajib pajak (Y). Berdasarkan uji statistik SPSS; (1) Persepsi kemudahan penggunaan efaktur berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak (2) Persepsi manfaat penggunaan e-faktur berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak (3) Urgensi penerapan e-faktur berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak (4) Persepsi kemudahan, persepsi manfaat dan urgensi penerapan e-faktur secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak.

English Abstract

This research is motivated by the application of E-Government by the Directorate General of Taxes by making an E-Invoice application to improve taxpayer compliance. This study aims to determine whether perceptions of convenience, perceived benefits and the urgency of the application of e-invoices simultaneously and partially influential in improving taxpayer compliance at the Pratama Jakarta Tax Service Office, Kebayoran Lama. This study uses a type of descriptive quantitative research, namely describing data in the form of numbers, data in the form of numbers taken from respondents' answers in questionnaires given by researchers who have been given a measurement scale namely Likert scale, so that data can be processed further using SPSS 21 for Windows. The independent variables used were perceptions of the ease of use of einvoices (X1), perceptions of the benefits of using e-invoices (X2), and the urgency of implementing e-invoices (X3) and the dependent variable used was taxpayer compliance (Y). Based on the SPSS statistical test; (1) Perception of the ease of use of e-invoices influences taxpayer compliance (2) Perception of the benefits of using e-invoices influences taxpayer compliance (3) Urgency of implementing e-invoices influences taxpayer compliance (4) Perception of convenience, perceived benefits and the urgency of implementing e-invoices jointly affects taxpayer compliance.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/455/051906455
Uncontrolled Keywords: Tax, E-Faktur, Obidiance
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.4 Financial administration and budgets > 352.44 Revenue administration > 352.442 14 Revenue administration (Local administration)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Jul 2020 06:40
Last Modified: 30 Jul 2020 06:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172049
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item