Evaluasi Usability Aplikasi SIAP TARIK Dengan Menggunakan Metode Usability Testing dan System Usability Scale (SUS) Pada Puskesmas Tarik Sidoarjo

Iryanto, Muhammad Ulul Albab (2019) Evaluasi Usability Aplikasi SIAP TARIK Dengan Menggunakan Metode Usability Testing dan System Usability Scale (SUS) Pada Puskesmas Tarik Sidoarjo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Puskesmas Tarik Kabupaten Sidoarjo merupakan salah satu instansi pelayanan masyarakat bidang kesehatan yang memiliki 12 poli untuk pelayanannya. total pasien Puskesmas Tarik yang terdaftar terhitung kurang lebih sebanyak 15.000 orang dan memiliki 82 dokter. Jumlah pasien yang datang perharinya rata-rata sebanyak 100 hingga 250 orang, sehingga selalu terjadi penumpukan antrian dalam gedung puskesmas dan mengakibatkan penurunan kenyamanan pasien yang datang. Oleh karena itu puskesmas Tarik mengembangkan fasilitas informasi mengenai puskesmas Tarik dan memiliki fitur booking antrian dalam sebuah platform mobile bernama SIAP TARIK. Setelah 2 tahun penerapan SIAP TARIK berjalan di puskesmas Tarik sidoarjo, pihak puskesmas menerima feedback dari penggunanya. Setelah dilakukan analisis permasalahan, peneliti menarik kesimpulan masalah tersebut berkaitan dengan usability sistem tentang kemudahan pengguna mengoprasikan sistem. Oleh karena itu dilakukan pengujian summative pada sistem dengan menggunakan metode usability testing dan system usability scale dengan cara pemberian tugas, pengisian kuesioner dan melakukan wawancara. Hasil dari usability testing dan system usability scale menunjukan tingkat usability SIAP TARIK berada pada rating okgood, grade “D” dan berada pada marginal high dengan skor SUS 66,5 yang mana hasil tersebut masih membutuhkan perbaikan untuk meningkatkan tingkat usabilitasnya. Dengan guidelines yang sudah ada akan menjadi acuan dalam memberikan rekomendasi untuk pengembangan aplikasi SIAP TARIK kedepannya.

English Abstract

Puskesmas Tarik Kabupaten Sidoarjo is one of the community service institutions of Health that has 12 poly for its service. Total patients of Tarik are listed in approximately 15,000 people and have 82 doctors. The number of patients arriving per day averages as much as 100 to 250 people, so there is always a buildup of queues in the Puskesmas building and resulted in a decrease in the comfort of patients who come. The Puskesmas has therefore developed facility information about the Puskesmas Tarik and has the feature of booking queues in a mobile platform named SIAP TARIK. after 2 years of SIAP TARIK-use application of the Puskesmas Tarik Sidoarjo, Parties The Puskesmas receives feedback from its users. After analysis of the problem, researchers draw conclusions related to the usability of the system about the user's ease of the system. Therefore, summative testing is conducted on the system using usability testing methods and system usability scales by assigning tasks, filling questionnaires and conducting interviews. The results of usability testing and system usability scale indicate the level of usability SIAP TARIK is at the rating OKgood, grade "D" and is at the marginal high with the score SUS 66.5 that the results still need improvement to improve Its degree of mobility. With existing guidelines will be a reference in providing recommendations for the development of applications SIAP TARIK to forward.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/411/051905729
Uncontrolled Keywords: evaluasi, usability, puskesmas, usability testing, system usability scale
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.3 Programs > 005.302 87 Testing and measurement
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:55
Last Modified: 31 Aug 2023 02:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172024
[thumbnail of Muhammad Ulul Albab Iryanto (2).pdf] Text
Muhammad Ulul Albab Iryanto (2).pdf

Download (10MB)

Actions (login required)

View Item View Item