Pengaruh Literatur Anak terhadap Perilaku Belajar Siswa (Studi pada Perpustakaan Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Malang)

Munggaran, Putri (2019) Pengaruh Literatur Anak terhadap Perilaku Belajar Siswa (Studi pada Perpustakaan Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saat ini, masyarakat hidup pada era masyarakat informasi. Secara garis besar, masyarakat informasi adalah masyarakat yang memanfaatkan informasi dalam kegiatan sehari-hari. Oleh sebab itu, informasi menjadi kebutuhan yang harus terpenuhi setiap harinya oleh semua kalangan baik laki-laki, perempuan, tua ataupun muda. Berbagai cara dilakukan untuk dapat memperoleh informasi tersebut. Salah satunya adalah dengan belajar. Secara umum, belajar merupakan sebuah proses perubahan dari tidak tahu menjadi tahu. Belajar merupakan hal fundamental yang diperlukan bagi seseorang untuk meningkatkan taraf hidupnya ke arah yang lebih baik dari sebelumnya. Oleh sebab itu, kehadiran perpustakaan memiliki peran yang penting untuk mewujudkan hal tersebut. Salah satu jenis pepustakaan adalah perpustakaan sekolah, dimana tempat tersebut menjadi salah satu sumber belajar bagi siswa di sekolah. Diharapkan siswa memiliki perilaku belajar yang baik khususnya saat berada di perpustakaan. Perilaku sendiri merupakan sebuah respon terhadap rangsangan. Dalam penelitian ini, peneliti menjadikan salah satu komponen paling penting dari perpustakaan, yakni literatur anak sebagai stimulus yang akan memengaruhi responnya berupa perilaku belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh literatur anak terhadap perilaku belajar. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk sebagai bahan referensi bagi penelitian mendatang atau penelitian serupa dengan masalah yang sama. Selain itu, diharapkan penelitian ini dapat menjadi masukan tidak hanya bagi instansi tempat peneliti melakukan penelitian, tapi juga kepada khususnya perpustakaan sekolah mengenai jenis literatur yang sesuai yang dapat menumbuhkan perilaku belajar yang baik. Penelitian ini mengambil lokasi di perpustakaan Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Malang sebagai sekolah yang memiliki jam pelajaran khusus di perpustakaan. Metode yang diambil adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan literatur anak sebagai variabel bebas dan perilaku belajar sebagai variabel terikat. Pengumpulan data diambil dengan kuisioner yang disebar kepada sampel sebanyak 84 responden yang terdiri dari siswa kelas 1 dan kelas 2. Kuisioner yang digunakan menggunakan skala likert dengan lima kategori. Penentuan sampel diambil dengan sampling incidental. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan sebesar 0,528 dan pengaruh sebesar 27,9% antara literatur anak dengan perilaku belajar siswa di perpustakaan Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Malang.

English Abstract

Today, people live in the era of the information society. Broadly speaking, the information society is a society that uses information in daily activities. Therefore, information is a necessity that must be fulfilled every day by all people, men, women, old or even young. Various methods are used to obtain this information. One of them is by studying. In general, studying is a process of change from not knowing to knowing. Studying is a fundamental thing that is needed for someone to improve their standard of living to be better than before. Therefore, the presence of libraries has an important role in making this happen. One type of library is a school library, where it becomes one of the studying resources for students in school. The students are expected to have a good studying behavior, especially when in the library. Behavior is a response to stimulus. In this study, the researcher made one of the most important components of the library, the children literatures as a stimulus that would influence the response in the form of studying behavior. This study aims to determine how the influence of children literature on studying behavior. The benefit of this research is to be a reference material for future research or research similar to the same problem. In addition, it hoped that this research could be an input not only for agencies where researcher did the research, but also specifically for school libraries regarding the appropriate types of literature that could foster that good studying behavior. This study took place in the library of Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Malang City as a school that has special lesson hours in the library. The method which taken was using quantitative approach with children literature as independent variables and studying behavior as the dependent variable. The data collecting was taken with a questionnaire that distributed to that sample of 84 respondents consisting of students in grade 1 and 2. The determination of samples was taken by incidental sampling. The questionnaire using likert scale with five categories. The results of this study indicate that there is a connection for about 0.528 and 27.9% as an effect between children literature and student studying behavior in the library of Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Malang City.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/287/051906235
Uncontrolled Keywords: Masyarakat informasi, Perilaku Belajar, Literatur Anak-Information Society, Children Literature, Studying Behaviour.
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 028 Reading and use of other information media > 028.5 Reading and use of other information media by young people
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 02 Oct 2020 02:45
Last Modified: 21 Oct 2021 07:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172008
[thumbnail of Putri Munggaran.pdf]
Preview
Text
Putri Munggaran.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item