Transparansi dan Partisipasi dalam Pengelolaan Pemerintah Desa (Studi di Desa Sumbersekar Kecamatan Dau Kabupaten Malang)

Jazula, Fendika Ilvan (2019) Transparansi dan Partisipasi dalam Pengelolaan Pemerintah Desa (Studi di Desa Sumbersekar Kecamatan Dau Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Transparansi dan Partisipasi dalam Pengelolaan Pemerintah Desa Sumbersekar merupakan unsur penting bagi birokrasi negara dan sekaligus sebagai pemimpin lokal yang memiliki posisi dan peran yang signifikan dalam membangun dan mengelola Pemerintahan Desa. Pemerintah Desa memegang kekuasaan yang sangat penting demi terciptanya tata pemerintahan yang baik di desa. Good governance sebagai bagian agenda reformasi pada dasarnya merupakan suatu kondisi ideal yang diharapkan terwujud pada setiap aspek pemerintahan yang berinteraksi pada masyarakat. Kondisi ideal ini didasarkan pada pemahaman atas prinsip-prinsip yang mendasarinya yakni transparansi dan partisipasi. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan dan menganalisis Transparansi dan Partisipasi dalam Pengelolaan Pemerintah Desa (Studi di Desa Sumbersekar Kecamatan Dau Kabupaten Malang). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Komponen-komponen analisis model interaktif ini dalam Miles, Huberman, dan Saldana adalah Analisis data berupa kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam pelaksanaan good governance sebagian sudah berjalan sesuai harapan, seperti partisipasi masyarakat dalam bakti sosial desa dan transparansi atas dasar keterbukaan informasi. Namun masih banyak hambatan-hambatan dalam pelaksanaanya di mana aparat birokrasi daerah masih enggan dalam menciptakan pelayanan transparansi yang baik bagi masyarakat secara maksimal karena menyangkut dana yang sangat riskan. Kenyataan yang terjadi didalam pelaksanaan program-program pemerintah desa masih dijumpai dari pegawai yang belum begitu maksimal dalam melaksakan program-program pemerintah desa disebabkan dengan adanya gaji pegawai yang sering kali terlambat dan adanya dana yang turun tidak menyeluruh namun bertahap yang mempengaruhi dalam menerapkan prinsip transparansi oleh pemerintah Desa Sumbersekar. Di samping itu, besarnya partisipasi masyarakat secara aktif dan menyeluruh terhadap pelaksanaan kegiatan desa dapat dilaksanakan dengan baik dan manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat.

English Abstract

Transparency and participation in the management of the Sumbersekar village government is an important element for the state bureaucracy and at the same time it is as a local leader who has a significant position and role in developing and managing the Village Government. The Village Government holds the power that is very important in order to make a good governance in the village. Good governance, as part of the reform agenda, is basically an ideal condition that is expected to happen in every aspect of government that interacts with society. This ideal condition is based on the understanding of its underlying principles. The purpose of this study is to explain and analyze the transparency and the participation in the management of the village government (study in Sumbersekar Village, Dau Sub-district, Malang District). This study uses a qualitative method. Data collection methods use interviews, observation, and documentation. The components of this interactive model analysis in Miles, Huberman, and Saldana are data analysis in the form of data condensation, data presentation, and conclusion. The results of this study show that some of the the good governance has been implemented as expected, such as society participation in village social service and transparency on the basis of information disclosure. But there are still many obstacles in its implementation where the regional bureaucratic apparatus is still reluctant to create a transparency service that is good for the society maximally because it involves very risky funds. The fact that occurs in the implementation of village government programs is still found by employees who have not been maximally in implementing village government programs due to the salaries of employees that are often late given and the funds given are not comprehensive but gradual which affect the implementation of the transparency principle by the Sumbersekar Village Government. Besides, the amount of society participation that active and comprehensive in the implementation of village activities can be carried out properly and its benefits can be felt by the society.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/283/051906231
Uncontrolled Keywords: Transparansi, Partisipasi, Good Governance-Transparency, Participation, Good Governance
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.1 Jurisdictional levels of administration > 352.17 Rural administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 02 Nov 2020 08:54
Last Modified: 21 Oct 2021 07:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172003
[thumbnail of Fendika Ilvan Jazula.pdf]
Preview
Text
Fendika Ilvan Jazula.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item