Fobia Sosial pada tokoh Nakahara Sunako dalam Drama Yamato Nadeshiko Shichi Henge karya Sutradara Yasuharu Ishii.

Mursyidah, Aimmatum (2017) Fobia Sosial pada tokoh Nakahara Sunako dalam Drama Yamato Nadeshiko Shichi Henge karya Sutradara Yasuharu Ishii. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menggunakan drama Yamato Nadeshiko Shichi Henge, menceritakan kisah seorang gadis berusia 21 tahun yang mengalami gangguan fobia sosial dan menginginkan untuk menjadi kembali normal sebagai wanita yang sesungguhnya. Oleh karena itu, rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah perilaku fobia sosial apa saja serta bagaimana cara mengatasi fobia sosial yang bisa diberikan pada tokoh Nakahara Sunako untuk menjadi wanita sesungguhnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi sastra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis. Teori yang digunakan adalah gangguan kecemasan yang berjenis fobia sosial dari teori DSM (Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders), Fifth Edition (V) atau sering disebut dengan DSM-V, serta teori penanganan psikologis dari Puri, B.K,dkk. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Sunako telah memenuhi kriteria fobia sosial DSM-V, yaitu ketakutan atau kecemasan untuk diamati orang lain, ketakutan dipermalukan, kecemasan menghadapi situasi sosial, kecemasan dengan distress yang intens, ketakutan yang tidak masuk akal, ketakutan yang berlangsung selama 2-3 tahun, ketakutan yang menyebabkan gangguan bidang sosial dan fungsi penting, serta ketakutan yang disebabkan oleh pengalaman traumatis. Adapun penangan psikologis untuk mengatasi fobia sosial Sunako yaitu dengan teknik pajanan (menasehati), teknik flooding (memanjakan), dan teknik modelling (menirukan).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/311/051704999
Uncontrolled Keywords: Psikologi sastra, Yamato Nadeshiko Shichi Henge, kecemasan sosial, fobia sosial, penanganan psikologis.
Subjects: 800 Literature (Belles-letters) amd rhetorics > 895 Literatures of East and Southeast Asia > 895.6 Japanese literature
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 Jul 2017 07:39
Last Modified: 08 Dec 2020 15:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172
[thumbnail of Aimmatum Mursyidah.pdf] Text
Aimmatum Mursyidah.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (27kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (7kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item