Pemberdayaan Masyarakat Miskin Dalam Rangka Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Berdasarkan Pendekatan System Thinking (Studi Pada Dinas Sosial Kota Batu)

Thoyibah, Ismiatut (2019) Pemberdayaan Masyarakat Miskin Dalam Rangka Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Berdasarkan Pendekatan System Thinking (Studi Pada Dinas Sosial Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kondisi pemberdayaan masyarakat dan membuat model sistem berdasarkan pendekatan berpikir sistem (system thinking) dalam rangka mensejahterahkan masyarakat di Kota Batu. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah Konsep dan Paradigma Administrasi Publik, Konsep Administrasi Pembangunan, Konsep Pemberdayaan, Kemandirian Masyarakat, Konsep Kesejahteraan, dan System Thinking. Konsep tersebut digunakan dalam rangka menganalisis aktivitas pemberdayaan masyarakat di Kota Batu Penelitian ini menggunakan design penelitian mix (method) yaitu campuran kuantitatif dan kualitatif dengan pendekatan berpikir sistem (system thinking) khususnya sistem dinamis (system dynamics) oleh Robert Geoffrey Coyle (1996) yang menggabungkan kuantitatif dan kualitatif dengan kelima tahapannya. Namun, penelitian ini hanya berhenti pada tahap ketiga yakni tahap pengenalan masalah, pemahaman masalah melalui deskripsi sistem dan analisis kualitatif, dimana penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan permasalahan yang terjadi melalui sistem yang utuh dan saling terkait. Kuantitatif dapat dilihat pada Bab I yakni pengenalan masalah pemberdayaan masyarakat dan Bab III gambar diagram sebab akibat (Causal Loop Diagram) dari sistem aktivitas pemberdayaan. Sedangkan kualitatif dapat dilihat pada Bab IV dengan mendeskripsikan interaksi pada model sistem aktivitas pemberdayaan. Dengan lokasi dan situs penelitian di Dinas Sosial Kota Batu. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan instrumen penelitian yaitu peneliti sendiri, pedoman wawancara dan alat atau perangkat penunjang lainnya berupa handphone dan Powersim Constructor Application versi 2.5d1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Pemberdayaan Bantuan dan Jaminan Sosial di Kota Batu diturunkan lagi berupa Program Keluarga Harapan (PKH) dengan teknik pemberdayaannya berupa pembentukan Kelompok Usaha Bersama (KUBE). Berdasarkan hal tersebut aktivitas pemberdayaan di Kota Batu dipahami melalui cara berpikir sistem yakni system dynamic, sehingga diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan yang saling terkait antara Sub Sistem Aktivitas Pemberdayaan, Sub Sistem Dukungan Pemerintah Daerah, Sub Sistem Dukungan Pemerintah Pusat, Sub Sistem Partisipasi Masyarakat, Sub Sistem Kesejahteraan dan Sub Sistem Peran Organisasi Masyarakat dalam sistem pemberdayaan masyarakat di Kota Batu.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/277/051906225
Uncontrolled Keywords: pemberdayaan, masyarakat miskin, kesejahteraan, system thinking-empowerment,the poor,welffare,system thingking
Subjects: 300 Social sciences > 353 Specific fields of public administration > 353.5 Public administration of social warfare > 353.53 Programs directed to groups of people > 353.533 Specific miscellaneous groups > 353.533 2 Poor people
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 23 Oct 2020 16:57
Last Modified: 21 Oct 2021 07:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171996
[thumbnail of Ismiatut Thoyibah.pdf]
Preview
Text
Ismiatut Thoyibah.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item