Inovasi Pelayanan Publik (Studi Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Banyuwangi)

Himawan, Arfian Prambudi Yosmady (2019) Inovasi Pelayanan Publik (Studi Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Banyuwangi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Izin Mendirikan Bangunan (IMB) merupakan pelayanan perizinan yang diberikan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Sebelum adanya Mal Pelayanan Publik, layanan IMB menghadapi berbagai masalah seperti adanya pungli dan waktu penyelesaian yang lama. Setelah adanya Mal Pelayanan Publik Kabupaten Banyuwangi, segala jenis perizinan telah dilakukan di dalam satu tempat. Termasuk layanan IMB yang telah diberikan di Mal Pelayanan Publik oleh DPMPTSP sejak tahun 2017. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis inovasi layanan Izin Mendirikan Bangunan pada DPMPTSP di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Banyuwangi dan faktor pendukung serta penghambat dalam pelaksanaannya, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi layanan Izin Mendirikan Bangunan pada DPMPTSP di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Banyuwangi sesuai dengan teori inovasi dalam pemerintahan (Sangkala, 2013:38). Faktor pendukung pelaksanaan layanan IMB adalah pemimpin yang mendukung inovasi, pegawai yang terdidik dan terlatih, fasilitas yang memadai, serta pengembangan tim dan kemitraan. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan IMB adalah lokasi pelayanan yang tidak terjangkau bagi masyarakat wilayah Banyuwangi bagian selatan dan bagian barat, sosialisasi kepada masyarakat, dan jumlah sumber daya manusia.

English Abstract

The Building Construct Permission is permission service from Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Before the existence of Mal Pelayanan Publik, there are many problem in service of The Building Construct Permission, such as illegal levies and long finishing time. After Mal Pelayanan Publik operated, all kind of permission can be managed in one place. The Building Construct Permission service was included in Mal Pelayanan Publik by DPMPTSP since 2017. This research is using qualitative descriptive research method with the purpose to descripting and analyzing the innovation of Building Construct Permission at DPMPTSP in Mal Pelayanan Publik Banyuwangi Districts and constructing factors also inhibitor factors in their implementation. The data collection technique is using interview, observation, and documentation. The data analysis technique is using data collection, data condentation, data display, and conclusion. This research result is showing that the innovation of Building Construct Permission at DPMPTSP in Mal Pelayanan Publik Banyuwangi Districts is corresponding with Innovation in Government theory (Sangkala, 2013:38). The constructing factors are innovation support by leader, educated and trained employee, good facilities, team and partnership development. The inhibitor factors are unaffordable service location for South Region and West Region of Banyuwangi, socialization to society, and quantity of human resourches.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/274/051906222
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 353 Specific fields of public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 04 Oct 2020 07:15
Last Modified: 21 Oct 2021 07:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171992
[thumbnail of Arfian Prambudi Yosmady Himawan.pdf]
Preview
Text
Arfian Prambudi Yosmady Himawan.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item