Kerjasama Pemerintah Dengan Swasta Pada Penyelenggaraan Corporate Social Responsibility Dalam Perspektif Good Governance (Studi Tentang Peningkatan Fasilitas Sosial pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Malang)

Yudha, Cindy Tamara (2019) Kerjasama Pemerintah Dengan Swasta Pada Penyelenggaraan Corporate Social Responsibility Dalam Perspektif Good Governance (Studi Tentang Peningkatan Fasilitas Sosial pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk Kerjasama Pemerintah Dengan Swasta Pada Penyelenggaraan Corporate Social Responsibility dalam Perspektif Good Governance di Kota Malang. Kerjasama CSR dibuat oleh pemerintah Kota Malang dengan private sector untuk meningkatakn fasilitas sosial di Kota Malang yang merupakan tugas dari pemerintah Kota Malang dalam menyediakan fasilitas sosial untuk masayarakat. Untuk mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan pelaksanakan Kerjasama Pemerintah Dengan Swasta Pada Penyelenggaraan Corporate Social Responsibility dalam Perspektif Good Governance di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan teori administrasi publik, teori kemitraaan antara pemerintah dan swasta dan teori corporate social responsibility. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang di gunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Analisis data menggunakan Miles,Huberman,& Saldana (2014) yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data dari dua rumusan masalah yang ditetapkan, maka didapat hasil bahwa kerjasama antara pemerintah Kota Malang dengan swasta dalam penyediaaan fasilitas sosial meliputi empat tahap yaitu : Tahap planning, pemerintah dan Bank BRI bekerjasama dalam merumuskan arah dan tujuan dari kerjasama CSR. Bank BRI melakukan perencanaan sesuai aturan, melakukan masterplan desain sedangkan pemerintah Kota Malang memberikan masukan kepada Bank BRI. Tahap Pelaksanaan (Doing). Bank BRI memberikan dana sebesar 6 miliar rupiah unutk pembangunan alun-alun berdasarkan masterplan dan desain, pemerintah sebagai fasilitator dan katalisator. Tahapan checking meliputi pelaporan. Pelaporan oleh Bank BRI dalam CSR pembangunan alun-alun Kota Malang dilakukan kepada pihak internal Bank BRI dan eksternal yakni pemerintah Kota Malang. Evaluasi dilakukan oleh BRI dan pemerintah Kota Malang untuk menilai keberhasilan dan keberlanjutan kerjasama kedepan dan kendala selama dalam proses pembangunan renovasi alun-alun Kota Malang. Adapuan yang menjadi faktor pedukung Kerjasama Pemerintah Dengan Swasta adalah kebijakan pemimpin yakni wali Kota Malang dengan mengajak swasta memberikan CSR dengan imbalan keringanan pajak sebesar 15%, faktor kedua yaitu komitmen bersama antara pihak Bank BRI dengan pemerintah sedangkan faktor penghambatnya yaitu belum adanya Perda khusus yang mengatu tentang CSR di Kota Malang, belum adanya perda ini memberiakn keraguan kepada swasta yang ingin memberiakn CSR ke Kota Malang. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu : kerjasama antara pemerintah Kota Malang dengan swasta untuk meningkatkan penyediaan fasilitas sosial berjalan dengan baik denagn pembagian tugas masing-masing aktor dan didukung oleh komitmen bersama antar aktor sedangkan kendalanya yaitu belum adanya aturan atau perda yang mengatur teknis pemberian CSR di Kota Malang.

English Abstract

This research is conducted for Public Private Partnership on Corporate Social Responsibility in Good Governance Perspective in Malang City. CSR cooperation created by the government of Malang City with private sector to increase social facilities in Malang City which is the task of the government of Malang in providing social facilities for the community. To know, analyze and describe the implementation of Public Private Partnership in the Implementation of Corporate Social Responsibility in Good Governance Perspective in Malang City. This research uses public administration theory, partnership theory between government and private and corporate social responsibility theory. This research uses descriptive research type with qualitative approach. Sources of data in use are primary and secondary data. Techniques of collecting data using interviews, observation, and also documentation. Data analysis using Miles, Huberman, & Saldana (2014) is data collection, data condensation, data presentation, and conclusion. Based on the results of data analysis of two formulation of the problem determined, then obtained the result that the cooperation between the government of Malang with the private sector in the provision of social facilities include four stages: Planning phase, the government and Bank BRI cooperate in formulating the direction and purpose of CSR cooperation. Bank BRI to plan according to the rules, do masterplan design while the government of Malang City provide input to Bank BRI. Implementation Phase (Doing). Bank BRI provides funds amounting to 6 billion rupiah for the development of the square based on masterplan and design, the government as a facilitator and catalyst. Checking stages include reporting. Reporting by Bank BRI in the CSR of Malang City Square development is done to internal parties of Bank BRI and external namely the government of Malang City. Evaluation conducted by BRI and the government of Malang City to assess the success and sustainability of future cooperation and constraints during the process of building renovation of the square of Malang City. Sweeping factors that support the Public Private Partnership is the policy of the leader of Malang Mayor by inviting private to provide CSR with 15% tax relief reward, the second factor is joint commitment between Bank BRI and government while the inhibiting factor is the absence of special law About CSR in Malang City, the absence of this regulation gives doubt to the private who want to give CSR to Malang. The conclusion of this research is: cooperation between government of Malang City with private to improve social facility provision run well with division of task of each actor and supported by mutual commitment between actor while the obstacle that is there is no regulation or (Perda) governing technical giving of CSR in Malang City.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/248/051906196
Uncontrolled Keywords: Kerjasama, Corporate Social Responsibility, Perspektif Good Governanc-Cooperation, Corporate Social Responsibility, Good Governance Perspective
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.408 Social responsibility of executive management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 13 Sep 2019 06:54
Last Modified: 21 Oct 2021 08:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171980
[thumbnail of Cindy Tamara Yudha.pdf]
Preview
Text
Cindy Tamara Yudha.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item