Perencanaan Strategi Pemerintah Daerah Dalam Mendorong Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif (Studi Pada Dinas Koperasi dan UKM Kota Bandung)

Ifandha, Devita Maya Safitri (2019) Perencanaan Strategi Pemerintah Daerah Dalam Mendorong Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif (Studi Pada Dinas Koperasi dan UKM Kota Bandung). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah merupakan salah satu alternatif bagi penyerapan angkatan kerja yang tidak tertampung dalam lapangan usaha. Oleh karena itu, pengembangan sektor UMKM perlu dilakukan dalam rangka untuk menciptakan lapangan usaha yang baru. Kota Bandung, identik dengan industri kreatifnya. Industri kreatif merupakan kekuatan bagi ekonomi kota Bandung. Ekonomi yang paling kuat di Kota Bandung adalah ekonomi kreatif. Oleh karena itu didalam pengembangan potensi UMKM Kota Bandung, Dinas koperasi dan UKM Kota Bandung mempunyai tugas penting dalam melakukan perencanaan strategi guna memfasilitasi pelaku UMKM. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus dari penelitian ini dengan memakai empat langkah identifikasi Visi, Misi, dan Mandat Dinas Koperasi dan UKM, identifikasi isu-isu strategis, merumuskan strategi untuk mengelola isu, dan evaluasi isu strategis serta faktorfaktor pendukung dan penghambat Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumen. Analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah Miles, Huberman dan Saldana, yang dimulai dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil akhir penelitian ini menyimpulkan bahwa perencanaan perumusan strategi pengembangan UMKM di Kota Bandung paling tepat dilakukan adalah dengan (1) Memanfaatkan teknologi informasi sebagai sarana sosialisasi terhadap pelaku UMKM (2) Meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap Koperasi melalui pemanfaatakan teknologi informasi. (3) Melakukan kerjasama dengan lembaga keuangan untuk meningkatkan kemudahan pelaku UMKM dalam melakukan akses terhadap permodalan (4) Melakukan validasi kembali terhadap data base dengan memanfaatkan sistem ERP. Rekomendasi peneliti mengenai perencanaan strategi bagi Dinas Koperasi dan UKM Kota Bandung adalah: (1) Ciptakan sebuah pemanfaatan pengelolaan keuangan. (2) Memanfaatkan akses internet untuk bahan pemasaran (3) Dengan melihat bahwa terbukanya transfer teknologi antara pelaku bisnis maka pemerintah memberlakukan Peraturan/ketentuan bagi Koperasi dan UMKM secara kontenporer. (5) Pemerintah khususnya Dinas Koperasi dan UKM memberikan sosialisasi yang secara berkesinambungan kepada masyarakat

English Abstract

The Micro, Small and Medium Enterprises sector is an alternative for the absorption of the workforce that is not accommodated in the business field. Therefore, the development of the MSME sector needs to be done in order to create new business fields. The city of Bandung, synonymous with the creative industry. The creative industry is a strength for the economy of the city of Bandung. The most powerful economy in the city of Bandung is the creative economy. Therefore, in developing the potential of MSMEs in the City of Bandung, the Office of Cooperatives and SMEs in Bandung City has an important task in planning strategies to facilitate MSME actors. This study uses descriptive research with a qualitative approach. The focus of this research is to use four steps to identify the Vision, Mission and Mandate of the Cooperative and SME Office, identify strategic issues, formulate strategies for managing issues, and evaluate strategic issues and supporting factors and inhibitors Data collection techniques used in research These are interviews, observations and documents. Analysis of the data used by researchers is Miles, Huberman and Saldana, which starts from collecting data, condensing data, presenting data and drawing conclusions. The final results of this study concluded that planning the formulation of MSME development strategies in the city of Bandung is best done is by (1) Utilizing information technology as a means of socializing MSME actors (2) Increasing community participation in cooperatives through the use of information technology. (3) Cooperating with financial institutions to increase the ease of MSME actors in accessing capital (4) Re-validating the data base by utilizing an ERP system. The researchers' recommendations regarding strategic planning for the Bandung City Cooperative and SME Office are: (1) Create a financial management utilization. (2) Utilizing internet access for marketing materials (3) By seeing that the technology transfer is open between business people, the government applies regulations / provisions for Cooperatives and MSMEs in a professional manner. (5) The government, especially the Office of Cooperatives and SMEs, provides continuous socialization to the community

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/245/051906193
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Strategi, Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah, Ekonomi Kreatif-Strategic Planning, Micro Small Medium Enterprises Development, Creative Economy
Subjects: 300 Social sciences > 354 Public administration of economy and environment > 354.2 General considerations of public administration > 354.27 General topics of assistance > 354.279 Assistance to urban, suburban, rural areas; to small business
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 02 Nov 2020 10:23
Last Modified: 21 Oct 2021 08:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171974
[thumbnail of Devita Maya Safitri Ifandha.pdf]
Preview
Text
Devita Maya Safitri Ifandha.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item