Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Materi Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X Di Smk Negeri 8 Malang Menggunakan Model Apped

Arifin, Samsul (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Materi Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X Di Smk Negeri 8 Malang Menggunakan Model Apped. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penyelenggaraan Pendidikan di indonesia untuk saat ini menggunakan rancangan Pendidikan dalam bentuk kurikulum 2013. Kurikulum 2013 sendiri dapat dikatakan masih baru dalam penggunaannya, media pemebelajaran pada bidang keahlian teknologi dan komunikasi tepatnya pada mata pelajaran pemrograman dasar dapat dikatakan masih belum revelan. Pada kelas X Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 8 Malang terlihat bahwa proses pembelajaran masih konvensional membuat siswa kesulitan dalam memahami materi yang diberikan, siswa kesulitan untuk belajar mandiri dikarenakan tidak mempunyai sumber belajar. Sehingga solusi yang diterapkan untuk menangani permasalahan tersebut adalah dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan model APPED. Tahapan penelitian jenis R&D dari model APPED adalah melakukan analisis dan penelitian awal, perancangan, produksi, evaluasi, dan diseminasi. Komponen hasil uji pada tahap ongoing evaluation menurut tiga kriteria aspek dan pengembang menyatakan bahwa hasil yang didapatkan valid. Sedangkan hasil persentase alpha testing sebesar 70,00% pada kategori “baik” oleh ahli materi, sebesar 72,00% pada kategori “baik” oleh ahli media, dan sebesar 92,00% pada kategori “sangat baik” oleh ahli intruksional. Hasil beta testing yang dilakukan terhadap 3 siswa berdasarkan tingkat kemampuan siswa pada pretest didapatkan rata-rata nilai sebesar 70% dan mengalami peningkatakan pada hasil posttest dengan rata-rata yang didapatkan sebesar 86,6%. Hasil uji normalitas data berdistrubusi normal dengan sig > 0,05. Hasil standart deviasi sebesar 9,21, hasil signifikasi sebesar 0,00, maka disimpulkan terdapat perbedaan pada taraf sig. Berdasarkan hasil uji coba beda yang dilakukan, maka media pembelajaran interaktif sudah efektif untuk disebarluaskan.

English Abstract

In the implementation of education in Indonesia for the time being, it uses Education design in the form of the 2013 curriculum. 2013 curriculum itself can be said to be new in its use, learning media in the field of technology and communication expertise precisely in basic programming subjects can be said to be still not yet sophisticated. In class X Software Engineering SMK Negeri 8 Malang, it was seen that the learning process was still conventional, making it difficult for students to understand the material provided, students had difficulty learning independently because they did not have learning resources. So that the solution applied to deal with these problems is to develop interactive multimedia-based learning media using the APPED model. The stage of research on the type of R & D from the APPED model is to carry out initial analysis and research, design, production, evaluation and dissemination. The component of the test results in the stage of the ongoing evaluation according to three aspect criteria and the developer states that the results obtained are valid. While the results of alpha testing percentage of 70.00% in the category "good" by material experts, amounted to 72.00% in the category of "good" by media experts, and by 92.00% in the category of "very good" by instructional experts. The beta testing results conducted on 3 students based on the level of students' ability at the pretest obtained an average score of 70% and experienced an increase in the posttest results with an average of 86.6%. The results of the normality test of the data are normal distribution with sig> 0.05. The standard deviation results are 9.21, the significance results are 0.00, it is concluded that there are differences in the level of sig. Based on the results of the different trials conducted, the interactive learning media has been effectively disseminated.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/404/051905722
Uncontrolled Keywords: learning media, basic programming, APPED
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.4 Systems programming and programs > 005.43 Systems programs > 005.433 71 Systems programs (Education)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:55
Last Modified: 24 Aug 2020 06:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171904
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item