Pengembangan Sistem Informasi Untuk Pegawai Berbasis Android Dengan Menggunakan Arsitektur Multi-Tier (Studi Kasus PT Gandum Malang)

Utomo, Faris Tri (2019) Pengembangan Sistem Informasi Untuk Pegawai Berbasis Android Dengan Menggunakan Arsitektur Multi-Tier (Studi Kasus PT Gandum Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perusahaan PT Gandum merupakan perusahaan produsen rokok yang berada di Kota Malang, Perusahaan ini memiliki 2 produksi rokok yaitu Sigaret Kretek Mesin (SKM) dan Sigaret Kretek Tangan (SKT). Perusahaan tersebut memiliki tiga kantor yang digunakan untuk memproduksi rokok, untuk lokasi kantor pusatnya terletak di salah satu kantor produksi rokok jenis SKM. Dengan lokasi kantor berbeda, membuat penyampaian informasi menjadi kurang efisien. Dari hasil wawancara dengan pihak terkait di PT Gandum. Dengan lokasi kantor yang berbeda-beda membuat bagian SDM dalam mengelola data pegawai memiliki sebuah permasalahan dikarenakan, jika ada perubahan data diri, pegawai tidak melaporkan ke bagian SDM sehingga data di tempat bagian lainnya juga tidak uptodate. Serta dalam menyampaikan sebuah informasi oleh bagian SDM ke bagian-bagian lainnya juga tidak efisien, karena harus datang ke setiap bagian masing-masing kantor. Hasil dari penelitian ini berupa sebuah sistem informasi yang memudahkan pegawai dalam mengakses dan mengelola informasi yang berhubungan dengan data dirinya serta info dari perusahan dan juga memudahkan pihak bagian SDM dalam menyampaikan informasi ke pegawai lannya. Sistem ini dibangun dengan menggunakan arsitektur multi-tier yang mana sisi antarmuka, logika program, dan basis data berada pada lokasi yang berbeda. Sistem terbagi menjadi 2, yaitu berbasis android dan berbasis web. Pada sistem berbasis android di jalankan pada smartphone untuk pegawainya dan komputer untuk adminnya berupa sistem berbasis web

English Abstract

PT Gandum company is a cigarette manufacturer company located in Malang City. The company has 2 cigarettes production, namely Machine Kretek Cigarette (SKM) and Hand Kretek Cigarette (SKT). The company has three offices that are used to produce cigarettes, for the location of its head office located in one of the SKM type cigarette production offices. With different office locations, making information delivery less efficient. From the results of interviews with related parties in PT Gandum. With different office locations, the HR department in managing employee data has a problem because, if there is a change in personal data, the employee does not report to the HR department so that the data in other parts is not updated. And in conveying information by the HR department to other parts is also not efficient, because it must come to every part of each office. The results of this study are in the form of an information system that makes it easier for employees to access and manage information related to their data and information from companies and also makes it easier for the HR department to convey information to other employees. This system is built using a multi-tiered architecture where the interface side, program logic, and database are in different locations. The system is divided into 2, which is based on android and web-based. On Android-based systems run on smartphones for employees and computers for admin in the form of a web-based system

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/284/051905602
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Pegawai, Android, Web, Multi-Tier
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.068 Information technology--Management
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:26
Last Modified: 05 Aug 2020 07:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171851
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item