Studi Diskritisasi ZOH, PZM Dan Bilinear Pada Rancang Bangun RST Kontroler PI Kaskade Pada Kecepatan Motor DC

Cahyanti, Ajeng Atha Ardelia (2019) Studi Diskritisasi ZOH, PZM Dan Bilinear Pada Rancang Bangun RST Kontroler PI Kaskade Pada Kecepatan Motor DC. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seiring berkembangnya teknologi, perkembangan demi perkembangan selalu diupayakan, terutama perkembangan dunia kontrol berbasis data-data diskrit. Kontroler berbasis digital juga diperlukan untuk mengontrol plant dengan perubahan yang cepat, salah satunya adalah motor DC. Pada umumnya pengontrolan motor DC tidak memperhatikan lonjakan arus transien (starting arus), karena dapat menyebabkan kerusakan motor akibat panas berlebih dan boros listrik. Motor DC dapat dikontrol secara tidak langsung dengan arus jangkar, maka diterapkan pengontrolan bertingkat (cascade) untuk mengontrol arus dan kecepatan motor. Sistem kontrol kaskade adalah sistem kontrol yang diperlukan pada suatu loop kontrol yang tersusun secara bertingkat. Pada perancangan ini terdapat 2 loop yaitu loop luar mengontrol kecepatan motor DC menggunakan kontroler RST digital dan pada loop dalam mengontrol arus jangkar menggunakan kontroler PI, yang didiskritisasi dengan metode PZM, ZOH dan Bilinear. Pada simulasi diberikan setpoint 1500 rpm dan diberi beban magnetic powder breaker tipe Leybold 73184 sebesar 0,5 Nm. RST Kontroler P1-Cascade menjadikan sistem mampu mengatasi gangguan yang diberikan serta membuat sistem tanpa lonjakan arus awal yang menjadikan motor terhindar dari kerusakan. Sistem juga memiliki settling time yang cepat yaitu rata-rata kurang dari 2 detik, tidak terjadi overshoot dan error steady state dengan nilai masing-masing Settling time untuk metode Bilinear 1,81 detik; metode PZM 1,33 detik; dan metode ZOH 0,97detik. Metode ZOH adalah metode yang mencapai settling time paling cepat daripada metode lainnya. Pada saat diberi beban respon sistem dengan metode ZOH dapat kembali ke setpoint dengan recovery time paling cepat daripada metode lainnya.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/287/051904746
Uncontrolled Keywords: Motor DC Metode ZOH, Metode PZM, Metode Bilinear, RST Kontroler PI-Cascade.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting > 621.31 Generations, modification, storage, transmission of electric power > 621.317 Control devices
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Aug 2020 04:20
Last Modified: 26 Aug 2020 04:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171848
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item