Analisis Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Perangkat Bergerak Qlue Dengan Pemetaan User Journey

Maulidina, Prima Rizki (2019) Analisis Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Perangkat Bergerak Qlue Dengan Pemetaan User Journey. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Qlue merupakan aplikasi smart city pada perangkat bergerak milik PT. Qlue Performa Indonesia yang bekerjasama dengan pemerintah kota untuk menangani keluhan masyarakat. Tujuan utama dari aplikasi Qlue yaitu sebagai jembatan antara masyarakat dengan pemerintah kota untuk menyampaikan keluhan masyarakat mengenai lingkungan sekitar. Keluhan yang dapat dilaporkan pada aplikasi Qlue antara lain mengenai bencana alam, kerusakan fasilitas umum, penanganan sampah, dan keluhan-keluhan lain mengenai lingkungan sekitar. Keluhan yang dilaporkan pada aplikasi Qlue akan ditangani oleh suku dinas terkait. Analisis pengalaman pengguna dilakukan terhadap aplikasi Qlue karena aplikasi ini sangat membantu masyarakat untuk melaporkan keluhan. Namun, berdasarkan observasi awal, terdapat beberapa masalah pada aplikasi Qlue yang dapat berdampak pada pengalaman pengguna. Sehingga, analisis pengalaman pengguna bertujuan untuk menghasilkan rekomendasi perbaikan yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna ketika menggunakan aplikasi Qlue. Data yang dibutuhkan untuk menganalisis pengalaman pengguna dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan responden. Responden pada penelitian ini yaitu tiga orang berusia 18 sampai 35 tahun dan tiga orang berusia di atas 35 tahun. Pada tahap observasi, responden menjalankan skenario tugas yang diberikan. Kemudian, wawancara dilakukan untuk menggali perasaan responden saat menggunakan aplikasi dan saran perbaikan. Lalu, analisis data dilakukan dengan pemetaan user journey. Pemetaan user journey dipilih karena menggambarkan sudut pandang pengguna saat menjalankan aplikasi sehingga penulis dapat mengetahui hal-hal yang menarik dalam aplikasi, hal-hal yang menyebabkan responden mengalami kesulitan, beserta saran perbaikan dari responden. Berdasarkan hasil analisis, fitur pada aplikasi Qlue yang paling bermasalah yaitu forum publik, cari teman, Street View, dan navigasi halaman detail kelurahan. Kesulitan yang dialami para responden saat hendak menggunakan fitur-fitur tersebut yaitu sulit menemukan letak fitur. Terdapat beberapa kesulitan lain yang dialami para responden yang disebabkan oleh kesalahan penggunaan label dan ikon, serta kurangnya petunjuk. Rekomendasi perbaikan yang dihasilkan berupa ilustrasi desain perbaikan pada halaman, navigasi, maupun ikon yang bermasalah.

English Abstract

Qlue is a smart city application on mobile devices owned by PT. Qlue Performa Indonesia, in collaboration with the city government to handle public complaints. The main purpose of Qlue is as a bridge between the citizen and the city government to deliver public complaints about the surrounding environment. Complaints that can be reported on Qlue include natural disasters, damaged public facilities, waste, and other complaints about the surrounding environment. Complaints reported on Qlue will be handled by the relevant department. User experience analysis of Qlue is done because this application is very helpful for citizens to report complaints. However, based on preliminary observations, there are several problems on Qlue that may impact the user experience. Therefore, this user experience analysis aims to produce recommendations that can improve user experience when using Qlue. Data needed to do user journey mapping is collected through observation and interviews with respondents. Respondents in this study were three people aged 18 to 35 years and three people aged over 35 years. During observation, the respondents had to complete the task scenario given. Next, interviews were conducted to explore respondents' feelings when using the application and suggestions for improvement. Then, data analysis is done by mapping the user journey. User journey mapping was chosen because it describes the user's point of view when using the application so that the author will gain insights of interesting things in the application, things that cause respondents to experience difficulties, along with suggestions for improvement from respondents. Based on the results of the analysis, the most problematic features on Qlue are public forum, find friends, Street View, and navigation to page of details of neighborhood. The difficulties experienced by respondents when they want to use these features are difficult to find the location of features. There are several other difficulties experienced by respondents caused by misuse of labels and icons, as well as a lack of guidance. Recommendations for improvements are made in the form of design illustrations on the page, navigation, and icons that have problems.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/518/051905901
Uncontrolled Keywords: pengalaman pengguna, aplikasi smart city, aplikasi mobile, aplikasi keluhan masyarakat, Qlue Performa Indonesia, user experience, smart city application, mobile application, public complaint application, Qlue Performa Indonesia
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.5 General purpose application programs
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:53
Last Modified: 25 Oct 2021 06:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171785
[thumbnail of Prima Rizki Maulidina (2).pdf]
Preview
Text
Prima Rizki Maulidina (2).pdf

Download (13MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item