Studi Simulasi : Efektivitas Metode Constant imputation Untuk Estimasi Person Trait Pada Data Politomus

Chaerunissa, Fairuz Fashya (2019) Studi Simulasi : Efektivitas Metode Constant imputation Untuk Estimasi Person Trait Pada Data Politomus. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode constant imputation dengan nilai terendah dari kategori respons dalam tes non kognitif serta melihat perbandingan pemberian metode tersebut dengan membiarkan data sebagai non apliclable (N/A) terhadap estimasi person trait. Metode penelitian yang digunakan adalah studi simulasi dan ilustrasi pada real data. Penggunaan metode simulasi dilakukan dengan 2 kondisi jumlah item, yaitu 20 item dan 40 item dengan format respons politomus. Masing-masing kondisi terdiri dan 1000 responden dengan persentase missing data sebesar 15 %, 30 %, dan 50 %. Teknik analisis dibawah kerangka Item Response Theory dengan model Graded Response Model (GRM) untuk menghitung estimasi person trait. Hasil dan penelitian ini menunjukan bahwa pemberian constant imputation pada kedua kondisi dapat menghasilkan estimasi person trait yang lebih akurat ketika diterapkan pada respons yang memiliki missing data ekstrem yang tinggi.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/678/051905524
Uncontrolled Keywords: Constant imputation, estimasi person trait, Item Response Theory, missing data, studi simulasi.
Subjects: 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 152 Sensory perception, movement, emotions, physiological drives > 152.8 Threshold, discrimination, reaction-time studies
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 30 Oct 2020 09:41
Last Modified: 21 Oct 2021 06:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171738
[thumbnail of Fairuz Fashya Chaerunissa.pdf]
Preview
Text
Fairuz Fashya Chaerunissa.pdf

Download (930kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item